Launching ‘Sipadu Keren’ Bersamaan Peringati Hari Anak Nasional

Diterbitkan  Kamis, 01 / 08 / 2019 21:01 - Berita Ini Sudah :  4131 Dilihat

HARI ANAK NASIONAL: Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany terlihat berjoged pinguin bersama sejumlah murid sekolah di sejumlah wilayah kota Tangerang Selatan dalam acara Hari Anak Nasional di Puspitek, Seru, Rabu (31/6).

SETU- Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany memimpin  peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat kota Tangsel di Graha Widya Bhakti (GWB) Puspiptek, Setu, Rabu (31/7). Diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB).

Dalam peringatan itu, DPMP3AKB Kota Tangsel melaunching Sistem Informasi Pengaduan Kekerasan Online (Sipadu Keren).

Peringatan HAN tingkat Tangsel ini mengambil tema “Peran Keluarga Sangat Penting Dalam Perlindungan Anak”.  “Semua anak dilahirkan dalam keadaan suci, ibarat kertas yang putih dan bersih. Orang tualah yang akan mewarnainya, mau putih, merah atau hitam,” ujar Airin.

Tidak hanya itu, Airin pun menyambut aplikasi Sipadu Keren. ”Masyarakat bisa menggunakan aplikasi tersebut, bagaimana membuat reaksi cepat aduan dan segera lakukan sosialisasi kemasyarakat atas aplikasi yang dibuat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Tangsel,” ungkap ibu dua anak ini.

Ia berharap kegiatan peringatan HAN ini tidak hanya sekedar seremonial. Namun bentuk kebahagian untuk anak-anak Tangsel. “Ketika saya melihat keceriaan anak, pusing saya seketika hilang, terlebih saat melihat anak tuna rungu, sekarang saatnya kita mensyukuri hidup. Tugas kami mencoba sekuat tenaga kami untuk mewujudkan hak untuk anak-anak ini mendapatkan kehidupan yang layak, fasilitas yang memadai dan sebagainya,” jelasnya.

Dalam kegiatan HAN, Airin pun ikut larut dengan anak-anak. Berjoget bersama. Kali ini Airin bersama anak-anak joget pinguin.

Airin juga mengukuhkan Forum Anak masa bakti 2019 hingga 2020 dan pengukuhan anggota Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kota Tangsel periode 2019-2022.

“Selamat Hari Anak, dan selamat atas dilantiknya Forum Anak dan Puspaga, harapannya anak dan keluarga bagian yang tidak terpisahkan, sehingga dengan adanya Forum Anak dan Puspaga ini dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada di Tangsel,” ungkap peraih penghargaan  Indonesia Women Leaders 2018 kategori Most Powerful in Politics 2018 ini.

Kepala DPMP3AKB Tangsel, Khairati, menjelaskan, Sipadu Keren merupakan aplikasi yang memfasilitasi layanan frontend untuk pelaporan dan pengaduan khusus. Untuk kasus kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (KTPA).

“Pada sistem ini masyarakat dapat melaporkan pengaduan yang khusus diperuntukan untuk kasus KTPA secara online dimanapun dan kapanpun kepada DPMP3AKB Serta masyarakat dapat memantau proses penanganan yang dilakukan melalui aplikasi tersebut,” jelasnya.

Khairati menjelaskan, manfaat yang di peroleh dari adanya aplikasi berbasis web tersebut adalah menekan tingkatkekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak. Serta membantu masyarakat dalam menyelesaikan kasus kekerasan hingga ke tahap konseling. Mempermudah dalam pemetaan kasus dan penanganan kasus secara cepat.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rozak, menjelaskan, peringatan Hari Anak Nasional ini harus menjadi momentum bagi orang tua, pendidik dan pemerintah. Untuk betul-betul mempersiapkan anak sebagai generasi penerus yang sehat, cerdas, berkualitas, dan memiliki spiritual yang kuat.

Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Tangsel tahun 2019 yang mengambil tema “Peran Keluarga Sangat Penting Dalam Perlindungan Anak” ini turut dihadiri oleh Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, Forkopinda Tangsel dan tamu undangan.(irm)

Komentar Anda

comments