Mahasiswa UMJ Sambangi Masyarakat Cempaka Putih

Diterbitkan  Kamis, 01 / 08 / 2019 20:52 - Berita Ini Sudah :  184 Dilihat

 

CIPUTAT TIMUR- Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ) melaksanakan Praktik Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Cempaka Putih. Mereka terdiri dua kelompok. Dengan titik lokus melaksanakan kegiatan di RW 4 dan RW 9.

Lurah Cepaka Putih, Tarmizi menyampaikan dengan hadirnya mahasiswa dari UMJ terjun ke masyarakat. Memberikan satu pencerahan bagi warga sekitar. Mahasiswa memiliki gagasan baru. Itu sesuai dengan bidang masing-masing di bangku kuliah. Dengan demikian, kehadirnnya mentransfer ilmu secara langsung kepada mayarakat.

“Totalnya sekitar dua puluh dua mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Masing -masing kelompok ada di RW 4 dan RW 9 mereka membaur bersama masyarakat,” katanya.

Ada tiga bidang ilmu yang diusung para mahasiswa. Meliputi bidang sosial kemasyarakatan, bidang kesehatan dan keagamaan. Ketiganya sangat dibutuhkan oleh masyarat secara langsung. Terlebih saat ini eranya serba internet. Nilai-nilai sosial kemasyarakatan mulai tergerus. Banyak kebiasaan-kebiasaan masyarakat tergantikan dengan era modern. Oleh karenanya, perlu ada yang bisa merekatkan kembali nilai-nilai luhur yang mulai pudar.

“Misalnya soal silaturahmi, baik antar keluarga, sudara dan tetangga atau bersama kerabat. Sebelum ada internet, kita betul-betul melaksanakan silaturahmi dengan bertatap muka.  Tapi sekarang bisa tergantikan dengan gawai. Maka melalu mahasiswa bersama masyarakat, dapat dikemas melalui bidang keagamaan sosial masyarakat,” jelas Tarmizi.

Tak kalah pentingnya soal kesehatan. Kesehatan menjadi kebutuhan setiap orang. Tentu melalui cara dan teknik mahasiswa yang mengusai berbagai teori dapat menularkan ilmu. Syukur-syukur dapat mengubah kebiasaan hidup masyarakat. Sebab, mengubah kebiasaan masyarakat tidaklah mudah.

“Bidang kesehatan mahasiswa bisa menularkan tentang konsep hidup sehat di tengah lingkungan. kiat-kiatnya bagaimana dan lain sebagainya. Tentunya ada dua hal yang dapat diambil, masyarakat dapat wawasan, demikian juga mahasiswa dapat mengamalkan ilmunya,” ujarnya lagi.

Pihak kelurahan pun akan bekerjasama dengan para mahasiswa. Apalagi, sebentar lagi perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Para mahasiswa akan dilibatkan dalam perayaan itu. “Untuk di kelurahan akan dilibatkan tentang bidang kemasyarakatan. Sebentar lagi akan ada apel upacara pas tujuh belas Agustus   tentu kami akan melibatkan mereka semua,” tandasnnya. (din)

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!