Kelurahan Pisangan Ikuti Lomba Drainase

Diterbitkan  Senin, 05 / 08 / 2019 0:07 - Berita Ini Sudah :  276 Dilihat

CIPUTAT TIMUR-Kelurahan Pisangan ikuti lomba drainase tingkat Kota Tangsel yang diselenggarakan Dinas Pekerjaan Umum diikuti tujuh kelurahan mewakili masing-masing kecamatan. Sabtu (3/8) tim penilai meninjau langsung lokasi yang dilombakan.

Lurah Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tb Apriliandi usai membersihkan sampah, tanah dan lain-lain bersama warganya menyampaikan pihaknya ditunjuk untuk mewakili Ciputat Timur dalam ajang lomba drainase tingkat kota yang digagas oleh DPU Tangsel. Dengan rasa bangga mewakili kecamatan Ciputra Timur tentunya dikerjakan dengan semaksimal mungkin.

“Pagi ini, kami melakukan pember­sihan darinase bersama elemen masyarakat, ormas, OKP, RT dan RW serta staf kelurahan. Turut hadir para sekretaris kelurahan dan para lurah se Kecamatan Ciputat Timur. Antusias masyarakat cukup tinggi mereka bahu membahu turut serta dalam kegiatan ini,” katanya, Sabtu (3/8).

Sebelum kumpul di titik pembersihan drainase, apel bersama digelar di kantor kelurahan. Adapun lokasi drainase dengan kantor kelurahan berjarak sekitar 1 kilometer. Lokasi darinase yang dibersihkan di RT 3/11 dengan panjang mencapai sekitar 250 meter.

“Posisinya membentang melintasi bagian belakang Perumahan Legoso Permai. Pada kesempatan itu kami juga membongkar bangunan semi permanen yang berlokasi di atas dainase yang mena tidak diperbolehkan adanya bangunan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama selain membersihkan sedimentasi pendangkalan permukaan drainase, tepian sepanjang daranase seperti rerumputan dan tumbuh-tumbuhan liar dan sampah-sampah yang ada di sepanjang drainase turut digaruk.

“Dengan adanya lomba drainase ini lingkungan menjadi bersih, jalur air tidak terhambat dan semangat gotong royong semakin kuat. Ini juga pesan yang ditekankan bahwa masyarakat perlu menanamkan sikap saling peduli soal kebersihan lingkungannya masing-masing. Malalui kegiatan ini tentunya ada hal positif di samping soal kebersihan tapi ada kedekatan satu dengan  yang lain sehingga semakin kompak masyarakat Pisangan,” tambah ia.

Targetnya memperoleh juara pertama. Persiapan lomba sekitar sepekan dengan menyiapkan sumber daya manusianya, kordinasi dengan para RT/RW dan lintas masyarakat. Adapun untuk peralatan sapu, cangkul, pengki dan macam-macam diberikan oleh DPU sebagai pihak penyelenggara.

“Totalnya mencapai seratus buah peralatan yang tentunya alat-alat tersebut digunakan ketika pembersihan dilakukan. Ini sangat bermanfaat untuk kegiatan selanjutnya,” tambah ia.

Lomba drainase setiap tahun diadakan oleh DPU. Tahun ini pun sama dilaksanakan dalam memeriahkan HUT RI 74. Tujuanya memberikan dorongan untuk mewujudkan lingkungan masyarakat bersih, gorong-gorong tetap terbangun sehingga drainasenya terbebas dari sampah yang menyebabkan penyumbatan ketika hujan datang. Biasanya penyerahan hadiah dilaksankan pada saat selesai upacara HUT RI di Lapangan Cilenggang, Serpong.(din)

 

Drainase. Lurah Pisangan Tb Apriliandi tengah membawa karung berisi lumpur saat kerja bakti dalam lomba drainase di Pisangan.

Komentar Anda

comments