Lomba Bersih Drainase Bangkitkan Gotong-royong

Diterbitkan  Senin, 05 / 08 / 2019 20:42 - Berita Ini Sudah :  144 Dilihat

 

CIPUTAT-Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie apresiasi lomba drainase yang digagas Dinas Pekerjaan Umum. Pola ini dinilai sangat jitu dalam membangkitkan konsep gotong-royong di tengah masyarakat.

Menurut mantan Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang ini, setidaknya mengandung dua konsep yang harus dicapai. Konsep yang harus dicapai yaitu menghidupkan lingkungan yang bersih dan menghidupkan kembali gotong-royong di tengah masyarakat. Itulah dua hal yang melekat dalam lomba drainase yang diagendakan setiap tahunnya.

“Saat ini targetnya adalah gotong-royong kebersihan saluran. Namun jangka panjang gotong -royong bisa untuk menolong orang sakit, gempa bumi, bahaya narkoba yang jika masyarakatnya bersatu bisa tangkal. Ini sangat menggembirakan bagi kehidupan kota,” katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, dengan pola lomba drainase tentu masing-masing titik atau kelurahan melibatkan berbagai komponen masyarakat. Dan momen seperti ini sangat menyenangkan masyarakat yang pasti, karena bisa bertemu dengan sesama tetangga, yang mungkin keseharianya sibuk dan lain-lain.Maka dengan hadirnya lomba drainase menjadi kekompakan warga serta semangat saling memiliki itu tumbuh kembali.

“Lomba drainase bagaimana upaya memperlancar aliran air akibat pendangkalan sedimentasi lumpur dan pasir. Dengan dibersihkan, didalami maka daya tampung drainase kembali normal sehingga debit air bisa lebih cepat,” tambah Benyamin.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPU Kota Tangsel, Aries Kurniawan menjelaskan, lomba bersih drainase ini dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini diadakan setiap tahun. Adapun kriteria penilaian meliputi, keikutsertaan warga dari masing-masing kelurahan perwakilan dari tujuh kecamatan. setikit atau banyak. Termasuk dilihat bagaimana pekerjaannya seperti volume dan panjang untuk drainase yang dibersihkan. Semua itu menjadi penilian inti dari tim penilai yang langsung meninjau ke lokasi.

“Untuk kebersamaan cukup baik karena tingginya antusias warga. Apalagi ini titik awal perlombaan. Semoga warga semakin menjaga saluran depan rumahnya. Nanti ada hadiahnya ada piala bergilir,” beber ia.

Sebelumnya Lurah Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tb Apriliandi usai membersihkan sampah, tanah dan lain-lain bersama warganya menyampaikan pihaknya ditunjuk untuk mewakili Ciputat Timur dalam ajang lomba drainase tingkat kota yang digagas DPU Tangsel. Dengan rasa bangga mewakili kecamatan Ciputat Timur tentunya dikerjakan dengan semaksimal mungkin.

“Pagi ini, kami melakukan pembersihan darinase bersama elemen masyarakat, ormas, OKP, RT dan RW serta staf kelurahan. Turut hadir para sekretaris kelurahan dan para lurah se Kecamatan Ciputat Timur. Antusias masyarakat cukup tinggi mereka bahu membahu turut serta dalam kegiatan ini,” katanya, Sabtu (3/8).

Sebelum kumpul di titik pembersihan drainase, apel bersama digelar di kantor kelurahan. Adapun lokasi drainase dengan kantor kelurahan berjarak sekitar 1 kilometer. Lokasi darinase yang dibersihkan di RT 3/11 dengan panjang mencapai sekitar 250 meter.

“Posisinya membentang melintasi bagian belakang Perumahan Legoso Permai. Pada kesempatan itu kami juga membongkar bangunan semi permanen yang berlokasi di atas dainase yang mena tidak diperbolehkan adanya bangunan,” imbuhnya. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!