Pengurus Masjid Sediakan Air Galon Untuk Wudhu

Diterbitkan  Selasa, 06 / 08 / 2019 18:46 - Berita Ini Sudah :  190 Dilihat

 

CIPUTAT TIMUR- Pemadaman Listrik terjadi di beberapa wilayah di Jakarta hingga Jawa pada Minggu (3/8) pukul 11.50 WIB. Dampaknya bukan saja aktivitas perekonomian dan lalu lintas. Namun aktivitas ibadah pun terganggu. Misalnya, di Masjid Jami Arrahmah Rempoa, Ciputat Timur. Tempat ini kehabisan air.

Salah satu marbot Masjid Jami Arrahmah Rempoa, Suhery menuturkan, insiden padamnya aliran listrik berdampak terhadap masjid. Misalnya, masjid menjadi tempat warga sekitar untuk meminta air akibat persediaan air milik masyarakat habis. Ini dampak dari matinya listrik sejak siang hingga malam hari.

“Padam sejak siang, menjelang sore banyak masyarakat berdatangan meminta air untuk dibawa pulang. Karena mereka sudah kehabisan persediaan air di rumahnya dengan membawa galon kosong,” tuturnya.

Tak sedikit orang datang untuk mandi dan buang air serta lain-lain. Sementara persediaan air yang ada di masjid pun terbatas. Memasuki waktu salat ashar, air sudah mengalami tanda-tanda menipis. Para jamaah seperti biasa melaksanakan salat berjamaah. Sampai menjelang maghrib, air jamaah masih dapat menikmati kucuran air dari kran kendati mulai mengecil. “Doanya supaya listrik kembali normal, tapi tak kunjung nyala juga,” tuturnya.

Agar tetap aktivitas beribadah berjalan lancar, pengurus masjid mencari solusi. Dengan mengadakan pembelian air isi ulang galon sebanyak tiga buah. Bagi jamaah yang hendak salat menggunakan air isi ulang galon yang sudah disiapkan oleh pengurus masjid.

“Setelah isya kondisi air habis total dan terpaksa saya inisiatif gunakan dua dispenser yang dari dalam kantor masjid untuk wudhu jamaah,” jelasnya.

Selain menganggu pompa air dan lampu penerangan, juga berdampak pada berkurangnya jamaah salat isya. Malam itu hanya ada 50 jamaah yang melaksanakan salat berjamaah. Biasanya lebih dari itu. “Jamaah biasanya 70-80 orang,” terangnya.

Listrik kembali normal pada pukul 21.00 WIB. Fasilitas air kembali terpenuhi. Mesin air bisa beroperasi. (din)

 

 

 

Komentar Anda

comments