FKS Tangsel Mulai Persiapkan Diri


Incar Predikat Kota Wistara

Diterbitkan  Kamis, 08 / 08 / 2019 21:01 - Berita Ini Sudah :  184 Dilihat

SETU-September nanti Kementerian Kesehatan RI menggelar kembali kota sehat di seluruh Indonesia. Dalam perlombaan kota sehat tersebut ada tingkatan penilaian tertinggi yang diberikan Kementerian, yaitu predikat Wistara. Kota yang mendapatkan predikat ini dapat diyatakan sebagai kota yang sangat sehat.

Ikut serta dalam penilaian kota sehat tersebut, Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tangsel tengah mempersiapkan diri untuk merebut predikat Kota Wistara. Kini FKS mulai berkoordiasi dengan banyak pihak.

Salah satunya kegiatan yang digelar FKS, Kamis (8/8) di gedung Aspirasi DPRD Kota Tangsel. Di mana dalam kegiatan diskusi tersebut menghadirkan banyak pihak. Mulai dari konsultan kota, aktivis, Dinas Lingkungan Hidup, dan dinas terkait lainnya.

Ketua Tatanan l FKS Kota Tangsel, Siti Chadijah mengatakan bahwa Kota Tangsel sebelumya pernah meraih penghargaan tingkat Padapa (Pemantapan) dan penghargaan tingkat Wiwerda (Pengembangan). Agar Kota Tangsel meraih penghargaan tingkat Wistara, maka sejak jauh-jauh hari harus dipersiapkan segala sesuatunya.

“Bulan September Tangsel akan dilakukan penilaian Wistara. Wistara itu penghargaan paling tinggi dari Kementrian Kesehatan RI,” ungkapnya.

Chadijah yang juga menjabat Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Tangsel itu menjelaskan bahwa untuk tingkat Wistara, terdiri dari sejumlah tatanan yang akan di lakukan penilaian, di antaranya tentang pemukiman dan perumahan, udara bersih, sungai bersih, air bersih, taman kota, sekolah dan pengelolaan sampah pasar yang ada di Tangsel.

“Dari beberapa indikator ini, kita panggil sejumlah dinas terkait di antaranya Dinas Perkimta, Lingkungan Hidup, Dinas Disperindag, Bappeda dan Dinas Kesehatan. Kita juga memanggil profesional dan pengembang perumahan,” ujarnya.

Lebih lanjut Chadijah mengatakan, dari hasil diskusi tersebut, diharapkan ada komitmen bersama untuk mewujudkan lingkungan hidup di Kota Tangsel sebagai kota yang benar-benar nyaman, aman dan bersih bagi masyarakatnya.

“Dari pertemuan kali ini, kita ingin membangun komitmen bersama bahwa kita serius ingin Tangsel menjadi kota yang sehat. Kita tidak hanya berorientasi mendapatkan penghargaan Wistara, tapi serius mewujudkan kota yang sehat,” ujarnya.

Dia juga menekankan kepada Disperkimta Kota Tangsel agar mendata pemukiman yang masuk katagori sehat di Tangsel dan ada berapa pemukiman yang masih punya titik rawan banjir ketika datang musim hujan.

“Dari diskusi ini, akan kita kompilasi dan kita sampaikan ke pemerintah kota, karena forum kota sehat ini kan dari masyarakat. Pemerintah punya regulasi dan anggaran, jadi, dengan pertemuan ini tujuannya bagaimana pemerintah dan masyarakat dapat mewujudkan kota yang benar-benar sehat,” pungkasnya.(dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!