Kabel Semrawut Penyebab Konsleting Listrik

Diterbitkan  Kamis, 08 / 08 / 2019 20:17 - Berita Ini Sudah :  204 Dilihat

CIPUTAT- Kondisi letak kabel di tiang listrik sepanjang persimpangan Serua, Ciputat, cukup membahayakan. Kabel rentan putus. Juga, rentan terjadinya konlet.

Salah satu tiang listrik di persimpangan tersebut sempat mengalami kobsleting, Selasa (6/8) malam. Bagian ujung tiang tempat kabel tersebut menumpuk. Terlihat semrawut. Percikan dan ledakan, mulanya. Kejadian itu terjadi pada malam hari. Membuat panik warga sekitar yang melihat.

Akibatnya, beberapa rumah di area dekat tiang terimbas pemadaman listrik. Terutama, selama proses perbaikan terhadap kabel yang terbakar di tiang tersebut. Warga merasa dirugikan, karena harus kembali mengalami listrik padam pada malam hari.

Keterangan warga setempat, Yudi, tiang listrik terbakar sekira pukul 22.00 WIB. Warga tak mengetahui penyebab awalnya tiang listrik terbakar.

Terbakarnya tiang listrik menyebabkan kawasan gelap gulita. Terlebih beberapa waktu sebelumnya, terjadi pemadaman massal hingga berjam-jam.

Kerugian akibat tiang listrik terbakar, tak terelakkan dialami warga setempat. Seperti tempat bimbel PEC, berada persis di depan tiang listrik itu, mati lampu dari pagi.

“Mati listriknya dari pagi mas, jadi kita juga ketika mau mulai mengajar anak-anak di sini terganggu akibat listrikya pagi-pagi sudah padam,” ujar Pipit, pegawai bimbel.

Manajer PLN Ciputat, Sigit Harimurti membenarkan kejadian terbakarnya tiang listrik di persimpangan Serua, Ciputat.

Sigit menyebutkan, mati listrik hanya dialami warga sekitar lokasi. Diduga penyebab terbakarnya listrik, karena banyaknya kabel yang menempel tidak teratur.

“Yang berdampak hanya pelanggan di sekitar tiang itu saja. Untuk penyebab masih dicek rekan-rekan. Tapi dugaan awal karena semrawutnya kabel telematika di sekitar kabel PLN,” ungkapnya.

Atas kejadian ini, PLN akan meminta Pemerintah Kota Tangsel untuk menertibkan kabel-kabel yang tidak tertata. “PLN akan minta bantuan ke Pemda atau Pemkot untuk menertibkan kabel-kabel telematika yang menempel ke jaringan atau tiang PLN,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments