Dibentuk Pemkot Untuk Percepat Pelantikan


Tim Penyambutan DPRD Sudah Siap

Diterbitkan  Kamis, 08 / 08 / 2019 20:17 - Berita Ini Sudah :  174 Dilihat

 

CIPUTAT-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel belum bisa memastikan waktu menggelar pleno penetapan Calon Legislatif (Caleg) terpilih. Dikarenakan masih menunggu hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Meski pelantikan DPRD periode 2019-2024 belum bisa dipastikan waktunya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel sudah siaga. Sejak jauh-jauh hari mempersiapkan tim khusus. Tim tersebut untuk mempercepat pelantikan DPRD Kota Tangsel.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, mengatakan, tim khusus terdiri dari Bagian Hukum Pemkot Tangsel, Asda I, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel.

Tim disiapkan lantaran dalam prosedur pengeluaran Surat Keputusan (SK) pelantikan dan pengangkatan dewan terpilih, disebutkan rekomendasi pleno dari KPU yang diserahkan kepada Gubernur Banten melalui Walikota Tangsel. Sehingga, peran cepat Pemkot Tangsel sangat dibutuhkan.

“Timnya sudah kita persiapkan, ketika KPU telah melakukan pleno penetapan dan suratnya sudah diserahkan ke kami, maka segera mungkin tim ini akan langsung bersurat dan berkoordinasi dengan Pemprov Banten,” ujar Bang Ben, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut,  Bang Ben mengatakan, sebenarnya tim ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Sejak sudah adanya gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu.

“Sudah lama dipersiapkan tim ini, bahkan sudah seminggu sekali selalu koordinasi dengan Biro Hukum Pemprov Banten untuk mencari tahu apakah ada perubahan dan sebagainya. Artinya tim ini sudah sangat siap agar pelantikan nanti bisa lebih cepat dari yang ditargetkan,” ujar mantan Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang ini.

Menurutnya, pelantikan DPRD memang harus dipercepat. Ini mengingat masih ada beberapa pembahasan dan pengesahan Perda di Agustus. “Kita masih ada beberapa pembahasan lagi, kami inginnya dipercepat. Tapi kalau memang belum bisa kita akan tetap berkerjasama dengan dewan yang periode saat ini, karena secara hukum mereka kan masih tetap menjadi dewan sampai dewan yang baru nanti dilantik,” ungkapnya.

Anggota KPU Kota Tangsel Achmad Mudjahid Zein mengatakan, KPU masih menunggu putusan MK terkait hasil sengketa. Setelah keputusan keluar, maka tiga hari setelahnya diupayakan akan segera dilakukan pleno penetapan DPRD terpilih.

“Diperkirakan Besok (hari ini 8/8) sudah ada keputusan MK, maka selanjutnya kami menunggu keputusan resmi dari KPU RI. Kalau sudah ada keputusan resmi, maka akan langsung kita segerakan melakukan pleno penetapan Caleg terpilih,” pungkas pria yang sebelumnya aktif di organisasi kepemudaan ini. (dra)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!