Masyarakat Cirendeu Senang Puskemas Dibangun

Diterbitkan  Jumat, 09 / 08 / 2019 19:13 - Berita Ini Sudah :  150 Dilihat

 

CIPUTAT TIMUR- Pembangunan puskemas Cirendeu Ciputat Timur membuat gembira tokoh masyarakat. Sebab, penantian sejak lama akhirnya terwujud. Mereka ingin memiliki fasilitas kesehatan di lingkungan sendiri. Sudah bersabar bertahun-tahun.

Ketua RW 08 Kelurahan Cirendeu, H. Wakidi mengutarakan bukan saja dirinya yang merasakan gembira atas proses pembangunan puskemas Cirendeu. Seluruh warga di RW 08, termasuk se-kelurahan. Mimpi ini telah lama diangan-angan. Yakni kelurahan yang lain seperti Pisangan, Rempoa lebih dulu memiliki fasilitas puskemas.

“Pembangunan Pukesmas Cireundeu, sudah diimpikan oleh masyarakat sejak lama. Jangan menyuarakan masyarakat sehat, sedang fasilitasnya tidak dibangun, selaku RW sangat mendukung agar segera dibangun puskesmasnya,” katanya.

Mengapa sangat mendesak pembangunan Puskemas Cirendeu, lanjut H Wakidi, karena secara program telah lama masyarakat dibentuk kader kesehatan. Sementara fasilitas pendukunya tidak ada. Sebetulnya di Cirendeu pernah ada Puskemas Pembantu, tapi belakangan ini sudah tidak ada lagi. Padahal dapat membantu masyarakat periksa kesehatan.

“Jangan hanya kader kesehatan dibanyakin, puskesmas sangat penting segera dibangun. Seharusnya Puskemas Cireundeu dulu, karena sebelumnya sudah punya puskesmas pembantu, tapi malah Puskemas Pisangan yang duluan dibangun,” tuturnya.

Senada juga disampaikan Ketua Karang Taruna Kelurahan Cirendeu, Beby Siswanto. Kalangan anak muda pun memantau perkembangan pembangunan di wilayah. Kalangan pemuda telah berharap hadirnya pelayanan kesehatan di tengah lingkungan. Agar pelayanan kesehatan dapat diperoleh dengan cepat, mudah dan gratis.

“Luar biasa pembangunan Puskesmas sudah kami tunggu sejak lama. Dan baru sekarang terealisasi. Kami pun sangat bersyukur sekali karena warga pastinya tenang kalau mau periksa kesehatan mereka suatu saat bisa dengan mudah dan lebih dekat tanpa numpang ke puskemas di wilayah lainnya yang biasanya antri,” imbuhnya.

Puskemas sebagai layanan pratama untuk kesehatan masyarakat sebelum dirujuk ke rumah sakit. Soal kesehatan adalah kebutuhan nomor satu, maka jika ada yang merasa sakit segera memeriksakan ke puskemas. Apapun sakitnya, jangan menganggap remeh. Harus cepat diobati oleh dokter.

“Secara psikologis warga masyarakat yang takut berobat ke rumah sakit khawatir biaya besar, kalau dengan adanya puskesmas, maka mereka lebih berani untuk memeriksa kesehatannya, dan dapat dideteksi lebih awal penyakit yang dideritanya,” ujar Feby.

 

Proses pembangunan puskesmas memang mengalami proses panjang dan tidak mudah. Hambatan selalu ada. Namun hambatan-hambatan, dapat diselesaikan. Akhirnya sekarang proses pembangunan fisik berjalan.

“Dan sepertinya tidak mudah dalam keberhasilan membangun puskesmas tersebut karena ada beberapa kendala internal lingkungan sekeliling kelurahan dan alhamdulillah bisa selesai dengan win-win solution yang baik,” jelasnya.

Ketua Paguyuban RT/RW se-Kelurahan Cirendeu, Madinah, meluapkan rasa gembira yang tidak dapat dibendung. Puja puji tentang membicarakan proses pembangunan puskemas telah bergulir sejak lama oleh para pengurus RT/RW dan masyarakat. Mereka bahagia hadirnya Puskemas di Cirendeu.

“Kita semua turut seneng dengan adanya puskesmas di Cireundeu dan menyambut baik semua itu, karena selama ini semua warga Cireundeu merasa ke puskesmas jauh yang ada di Pisangan. Mudah-mudahan puskesmas cepat jadi dan setelah itu pelayanannya juga baik dan dengan peralatannya memadai. Ini penantian yang cukup lama,” jelasnya. (din)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!