Pengecekan Daging Kurban Aman dari Cacing

Diterbitkan  Senin, 12 / 08 / 2019 22:30 - Berita Ini Sudah :  222 Dilihat

CIPUTAT-Jamin mutu daging kurban perlu dipastikan agar tidak mengandung penyakit. Mulai dari pengecekan saat masih dipedagang hingga pengecekan hati apakah mengandung cacing atau tidak yang dilakukan tim dokter hewan gabungan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangsel.

Kasi Peternakan DKP3 Kota Tangsel, Sandra menjelaskan, tim dokter hewan dari DKP3 Tangsel bekerjasama dengan UPT Puskeswan serta Kementerian Pertanian tidak menemukan cacing dalam hati hewan kurban. Baik sapi maupun kambing. Kendati rekapan dari seluruh kelurahan belum sepenuhnya selesai tapi dipastikan bebas dari bahaya cacing di dalam hati.

“Sampai saat ini belum selesai proses perekapan, tapi memang dari hasil pemeriksaan yang ada di lapangan tidak ditemukan cacing dalam hati baik itu sapi atau kembing. Karena keduanya dicek oleh dokter hewan langsung,” katanya.

Agar pengecekan maksimal, sebanyak 58 doter hewan yang disebar ke 54 kelurah, tujuh kecamatan se Kota Tangsel.  Dokter dibagi pada masing-masing kelurahan dengan mendatangi tempat pemotongan hewan kurban di masjid-masjid antara empat hingga tujuh lokasi di satu kelurahan.

“Dokter langsung mengecek kondisi hati di masing-masing DKM dengan satu kelurahan secara acak sebanyak tiga hingga tujuh tempat. Hati langsung dilihat apakah ada cacingnya atau tidak. Karena jika ada cacing akan terlihat tanpa harus masuk proses laboratorium,” tambah ia.

Jika ada cacing dalam hati sapi atau kambing, hati harus dipisahkan tidak boleh dikonsumsi karena berbahaya. Sedangkan untuk dagingnya tetap dapat dikonsumsi karena aman. “Apabila tim menemukan daging terdapat cacing maka tidak boleh dibagikan untuk dikonsumsi. Kalau dagingnya itu boleh,” bebernya.

Tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya di mana cukup banyak hati sapi terdapat cacingnya di banyak daerah. Mengapa ada penurunan. Menurut Sandra yang membuat kondisi sapi tidak terkena cacing adalah perkara pakan. Biasanya cacing-cacing yang menempel di pakan dapat berdampak cacing ke dalam hati.

“Faktornya soal pakan, terkadang ada rumput yang terdapat cacing lalu dikonsumsi. Tapi jika pakanya sehat, aman maka terbebas dari cacing,” jelas ia.

Salah satu ketua panitia pemotongan hewan kurban Masjid Al Falah RT 5/8 Rempoa Ciputat Hasanuddin, menyampaikan total hewan kurban ada 10 sapi dan 58 kambing. Dari hasil pengecekan oleh petugas secara sampel, ada dua yang ditemukan sapi dan kambing. Dan itu disingkirkan agar tidak dikonsumsi oleh masyarakat.

“Sampel sapi dan kambing terdapat cacing. Kemudian petuga menjelasnya sebaiknya seperti apa dan lain sebagainya kepada pengurus. Dan kami pun menjelaskan demikian kepada pengurus RT yang akan mendistribusikan daging kepada warga masing-masing,” katanya.(din)

 

Daging. Salah dokter hewan tengah mengecek hati sapi apakah mengadung cacing atau tidak. Pengecekan cacing pada hati hewan kurban sangat penting untuk memastikan aman konsumsi.

Komentar Anda

comments