Pelayanan Sehari Jadi untuk Masyarakat Tangsel


Hadiah Kemerdekaan RI dari DPMPTSP

Diterbitkan  Kamis, 15 / 08 / 2019 21:54 - Berita Ini Sudah :  142 Dilihat

PELAYANAN. DPMPTSP Kota Tangsel mengadakan pelayanan sehari jadi dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74.

SERPONG UTARA-Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberikan hadiah Kemerdekaan RI dengan pelayanan sehari jadi. Dengan tagline Pagi Daftar Sore Jadi ini berlaku hingga Jumat (15/8).

Kepala DPMPTSP Kota Tangsel,  Bambang Noertjahjo mengungkapkan, pelayanan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI. “Pelayanan ini khusus untuk izin profesi, yang sifatnya administratif,” katanya, membuka pembicaraan, kemarin.

Karena sifatnya administratif, maka tidak diperlukan cek lapangan. Sehingga, DPMPTSP memastikan bisa menerapkan pelayanan sehari jadi itu. “Dalam rangka HUT RI ini, kita berikan pelayanan sehari jadi. Untuk pemohon izin di bidang profesi, akan kita berikan spesial pagi daftar, sore diantar,” katanya.

Program pelayanan sehari jadi ini, diberlakukan selama dua hari. Yakni pada Kamis sampai Jumat (15-16 Agustus). Adapun prasyarat dalam pengurus izin, tidak ada yang berubah. “Syarat dan ketentuan seperti biasa. Hanya prosesnya yang kita prioritaskan,” tuturnya.

Kegiatan pelayanan ini, diyakini Bambang bisa berjalan lancar. Karena saat ini, DPMPTSP sudah memberlakukan pelayanan bersifat online. Sehingga, alur perizinan masuknya sudah jelas dan mudah dilakukan. “Mereka semua by online. Saat pemerosesan online selesai, langsung antar melalui pos. Kalaupun sore itu belum sampai, bisa jadi itu diproses pengantarnya, kalau dalam pemrosesan di DPMPTSP sudah selesai,” katanya.

Terobosan ini tentu sangat membantu warga yang akan mengurus izin profesi. Sebab, dalam hari biasa, proses pelayanan izin itu bisa mencapai tiga harian. “Kalau reguler, minimal 3 hari. Sekarang, kita kosongkan dulu permohonan izin yang kemarin. Sehingga, yang masuk di hari ini (kemarin, red) bisa langsung kita proses. Karena online ini bersifat first in first out. Sehingga, begitu masuk hari ini, langsung bisa diproses,” jelasnya.

Sekretaris DPMPTSP Kota Tangsel, Eki Herdian menambahkan, jenis pelayanan administratif jumlahnya cukup banyak. Untuk izin profesi saja, bisa mencapai 87 jenis. “Untuk SIP (surat izin praktik) saja ada 87 profesi. Seperti, izin dokter, perawat, dokter gigi, pisioterapi dan sebagainya,” katanya.

Program pelayanan izin sehari jadi ini, mendapat respons positif. Hari pertama kemarin, tercatat ada 49 izin yang masuk dan selesai diproses atau dicetak. “Untuk pelayanan izin ini, DPMPTSP tidak mengubah personalia. Tidak ada penambahan, kita pakai SDM yang ada,” pungkasnya.(irm)

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!