Belasan Tiang di Pinggir Jalan Roboh

Diterbitkan  Senin, 26 / 08 / 2019 18:59 - Berita Ini Sudah :  155 Dilihat

 

SETU- Truk tersangkut kabel. Akibatnya, sebanyak 11 tiang di Jalan Sodetan Buran, Buaran, Serpong, Tangsel, roboh. Akses jalanpun tidak dapat dilintasi pada Jumat (23/8) malam.

Dari sebanyak 11 tiang yang roboh, 6 di antaranya menghalangi jalan. Disebutkan, kabel bulat hitam menyambung tiang-tiang adalah kabel fiber optik. Kondisi kabel juga banyak yang melintang di badan jalan.

“Saat kejadian sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu saya sedang di dalam rumah lalu mendengar suara kencang di jalanan. Ketika saya berusaha mencari sumber suara, melihat tiang kondisinya ambruk tersangkut di badan truk,” tutur Indra (26), salah satu warga.

Dirinya mengira, insiden itu akibat sopir tidak memahami medan jalan. Dirinya pun berharap kabel-kabel perlu dibereskan supaya lebih rapi agar tidak menganggu aktivitas masyarakat dan pengguna jalan.  Kabel apapun di jalanan, pasti orang takut khawatir tersetrum.“Takut kesetrum kalau berkaitan dengan kabel yang ada di pinggir jalan,” katanya.

Lela, pedagang makanan menambahkan, hingga Sabtu (24/8) pagi kabel semrawut ke badan jalan tak juga ditangani. Pihaknya pun mengeluhkan semua ini dampak dari penataan kabel yang semrawut. Dirinya berharap bagi pengelola atau pemilik kabel harus selalu mengecek kondisi, apakah aman atau menganggu pengguna jalan?

“Akhirnya warga juga yang berupaya bantu-bantu merapikan kabel yang semrawut. Karena ada orang lain dirugikan mereka pada pengguna jalan. Harusnya pengelola atau pemilik kabel peka untuk selalu memonotoring agar kondisinya terpantau,” terangnya.

Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Agus Priharto (50) berupaya mengevakuasi agar jalanan dapat dilalui. Banyak kabel berserakan di jalanan. “Agar akses jalan dapat dilintasi perlu ditangani. Meski menggunakan alat seadanya,” ujarnya.

Tak jauh dari lokasi, tepatnya di perempatan Viktor, beberapa bulan lalu baru saja dibereskan. Awalnya, bukan saja kabel semrawut. Namun tiang-tiang listrik dan telpon berjejal di badan jalan. Saat ini di Viktor sudah terlihat lega, karena telah dirapikan hingga pengguna jalanpun lebih nyaman.

Kabel-kabel yang semrawut memang cukup banyak di Tangsel. Sebelumnya juga di bilangan dekat Bunderan Pamulang yang pernah didemo hingga akhirnya dibersihkan.

Entah kabel itu milik siapa, karena sampai saat ini tidak diketahui. Di kabel pada bilangan Jalan Siliwangi terdapat tempelan stiker “Bukan Milik Telkom” dengan tulisan warna merah. (din)

 

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!