MTQ Pelajar VI Berakhir

Diterbitkan  Rabu, 28 / 08 / 2019 22:29 - Berita Ini Sudah :  128 Dilihat

 

CIPUTAT TIMUR- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar VI Tingkat Kota Tangsel 2019, Rabu (28/8) ini resmi ditutup. Dijadwalkan mulai pukul 09.00 WIB pagi. Penutupan berlokasi di panggung utama terletak di SDN 03 dan 04 Pondok Ranji Ciputat Timur. Sedangkan pelaksanaan MTQ Pelajar dibuka pada Senin (26/8) selama tiga hari.

“Besok (hari ini) MTQ Pelajar ke VI ditutup. Tahun depan dilaksanakan di Kecamatan Pondok Aren,” kata Kepala Kementerian Agama Kota Tangsel Abdul Rojak sekaligus Ketua Tiga Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tangsel, kemarin petang.

Adapun untuk juara, baru Rabu pagi dewan hakim merapatkan hasil penilaian dari seluruh cabang lomba. Pelaksanaan lomba kemarin berakhir sekitar pukul 14.00 WIB. Adapun pada hari pertama Senin, perlombaan seusai dibuka oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany hingga sore hari. Meski demikian, para peserta yang masih siswa mereka tetap semangat dan antusias. “Besok pagi baru mau dirapatin oleh Dewan Hakim MTQ Tangsel,” tambah Rojak.

Secara pengamatan di lapangan, jika dikomparasikan dari pelaksanaan sebelumnya, jauh berbeda. Kualitas pesertanya sangat dominan dan cukup mengejutkan para dewan hakim serta LPTQ. Ada banyak anak-anak potensial yang selama ini tidak tersorot. Banyak anak memiliki bakat bagus, tetapi baru  diketahui saat mengikuti ajang seperti ini.

“Tahun ini Pelaksanaan MTQ Pelajar Tangsel sangat sukses, peserta hadir semua, para penonton membludak dan lomba berjalan sesuai jadwal. Kualitas peserta bagus-bagus. Bahkan sekolah yang tidak diunggulkan meraih juara fantastik,” ia menegaskan.

Secara kualitas ini mengindikasikan, program yang digulirkan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany memang berdampak langsung kepada anak-anak. Didukung kepatuhan para guru serta orangtua murid hingga mengajarkan anak membaca al Quran setiap hari selama 15 menit di sekolah. Selain itu, gerakan mengaji usai salat maghrib itu juga berjalan.

MTQ adalah representasi dari pencanangan membaca al Quran yang digulirkan sejak 2011 silam. “Sangat terbukti dan betul-betul berjalan program yang dicanangkan oleh Ibu Airin selama ini,” terang Sekretaris MUI Tangsel ini.

Ketua Harian LPTQ Tangsel KH Sobron Zayyan mengemukakan, LPTQ menyelenggarakan MTQ Pelajar VI ini tentunya benar-benar mendapat respon positif dari masyarakat. Di tahun ini memberikan kesempatan kepada semua sekolah secara terbuka. Dibanding tahun sebelumnya hanya diberikan perwakilan kecamatan.

“Di tahun ini LPTQ memberikan kebebasan semua sekolah dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/Aliyah dll. Sehingga pesertanya membludag sampai 860,” katanya.

 

Antusias juga ditunjukkan banyaknya pendaftar meski sudah ditutup lantaran MTQ sudah berlangsung. “Kita akan berbenah diri untuk memperbaiki MTQ pelajar di setiap tahunnya, sehingga akan semakin baik terarah dan akan menghasilkan banyak nilai positif terutama untuk Pemkot Tangsel dan semua sekolah-sekolah yang ada di Tangsel.

 

“Sesuai dengan pengarahan Ibu Walikota akan diadakan di tingkat kecamatan . Sehingga dengan adanya tingkat kecamatan kualitasnya semakin membaik. Karena menjadi seleksi ditingkat kecamatan,” imbuhnya.

 

lPTQ kecamatan nanti akan kerjasama dengan pihak kecamatan. Mereka yang akan mengkordinir pada masing-masing sekolah. “Jika ada sinergi dengan pemerintah kecamatan dengan LPTQ saya rasa itu lebih terorganisir. Karena LPTQ Kecamatan berpengalaman setiap tahunnya mengadakan LPTQ,” terangnya.

 

Hal lain menjadi perhatian bersama bahwa dengan adanya  cabang lomba bertambah, tentu menambah biaya. Dengan makin banyak peserta dikutkan di tahun-tahun yang akan datang jelas waktu pun akan bertambah. Jangan tiga hari. Paling tidak empat hari.

 

“Karena ada beberapa cabang yang tidak final karena tidak terkejar waktunya. Misalnya ada cabang yang beregu. Jika empat hari saya yakin hari terakhir akan final semua,” katanya. (din)

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!