Periode 2019-2024, Sukarya dan Iwan Rahayu Pimpinan Sementara


50 Anggota DPRD Mulai Kerja

Diterbitkan  Kamis, 29 / 08 / 2019 20:35 - Berita Ini Sudah :  163 Dilihat

 

SETU- Sebanyak 50 Calon Legislatif (Caleg) terpilih dilantik hari ini. Mereka resmi menjadi anggota DPRD Kota Tangsel periode 2019-2020. Dengan dilantiknya tersebut, para anggota legislatif hasil Pemilu 2019 ini mulai kerja sebagaimana tugas pokoknya.

Ragam persiapan telah dilakukan oleh Sekretariat DPRD Kota Tangsel agar prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah merka berjalan dengan khidmat.

Rabu (28/8), seluruh anggota dewan terpilih, terlihat mendatangi Gedung DPRD Kota Tangsel, Setu. Mereka mengikuti kegiatan gladeresik pelantikan. Sebanyak 28 wajah baru pun terlihat begitu serius mengikuti prosesi gladeresik.

Setelah dilantik nanti, seluruh DPRD Kota Tangsel ini memulai kerjanya dengan terlebih dahulu membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Untuk pembentukan AKD, sementara ini DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara.

Berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), pimpinan sementara nanti dipimpin oleh partai pemenang pertama dan partai pemenang kedua. Dari hasil Pileg 2019, Golkar menjadi partai pemenang pertama dengan perolehan 10 kursi dan PDIP menjadi partai pemenang kedua dengan 8 kursi.

Sehingga, sementara ini DPRD Kota Tangsel akan dipimpin oleh Golkar yang menunjuk Sukarya. PDIP menunjuk Iwan Rahayu sebagai pimpinan sementara.

Sukarya dan Iwan resmi memimpin sementara DPRD setelah proses pelantikan berlangsung. Itu juga setelah pimpinan DPRD lama melakukan serah terima palu sidang kepada pimpinan sementara.

Sukarya, saat ditemui di DPRD Kota Tangsel mengatakan, ditunjuknya dirinya menjadi pimpinan sementara merupakan perintah partai. “Ini tugas dari partai, karena pimpinan sementara ini partai yang menunjuk,” ujar anleg dari Dapil Ciputat ini.

Lebih lanjut Sukarya mengatakan, tugas dari pimpinan sementara tersebut ialah mengantarkan terbentuknya AKD. “Nanti saya dan Pak Iwan akan bekerja secepat mungkin, agar AKD terbentuk dengan cepat, dan kita memiliki pimpinan yang definitif,” ungkapnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Iwan Rahayu. Dia mengatakan, setelah dilantik dan memegang palu sidang, langsung bekerja dengan cepat untuk membentuk AKD.

“Tentu kita harus kerja cepat, karena kan jadwal pelantikan saja sudah memakan waktu yang lama. Dimana kita seharusnya dilantik 5 Agustus. Maka nanti kami sebagai pimpinan sementara akan bekerja cepat, berkoordinasi dengan seluruh fraksi agar prosesnya berjalan dengan cepat,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk kegiatan pelantikan nanti, Koordinator Panitia Pelantikan DPRD terpilih Kota Tangsel, Dani Bina Satria mengatakan, sebanyak 600 undangan disebar untuk mengikuti proses pelantikan.

Dani mengatakan, rencananya Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan Politisi PKS Jazuli Juwaini akan turut hadir menyaksikan 50 anggota legislatif Tangsel dilantik.

Usai pengambilan sumpah oleh Pengadilan Negeri. Dilanjutkan, ucapan selamat dari Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan penyerahan palu sidang kepada pimpinan sementara dari pimpinan lama. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!