Selamat! Ponpes Ini Juara Umum MTQ Pelajar VI

Diterbitkan  Kamis, 29 / 08 / 2019 20:33 - Berita Ini Sudah :  179 Dilihat

CIPUTAT TIMUR- Juara umum MTQ Pelajar VI tingkat Kota Tangsel 2019 diraih oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Qur’aniyyah. Ponpes tersebut berlokasi di Kecamatan Pondok Aren. Sedangkan juara pertama Pawai Ta’aruf diraih Kecamatan Ciputat Timur yang merupakan tuan rumah MTQ Pelajar VI Tingkat Tangsel.

Pembacaan keputusan dewan hakim diketahui juara umumnya ialah SD dan SMP Pondok Pesantren Al Qur’aniyyah Pondok Aren dengan nilai 53 point. Ponpes ini sudah 5 kali juara umum selama 6 kali MTQ Pelajar. Ponpes Al Qur’aniyyah selalu menyumbangkan kemenangan bukan saja di tingkat pelajar, tapi pada MTQ regular. Bahkan hingga ke provinsi, santrinya banyak juara.

Juara dua MTQ Pelajar VI disusul Kecamatan Ciputat. Ketiga, diperoleh Kecamatan Pamulang. Demikian disampaikan dewan hakim, Rabu (28/8) pagi, saat proses penutupan MTQ VI di SDN 03 dan 04 Pondok Ranji.

Adapun untuk juara pawai ta’aruf diraih oleh tuan rumah, kedua Kecamatan Setu dan Ketiga Kecamatan Pamulang.

Perhelatan MTQ Pelajar tahun ini diserahkan kepada seluruh sekolah untuk ikut serta. Berbeda dengan pola lama diserahkan kepada kecamatan. Pihak Kecamatanlah yang menyeleksi. Pola tahun 2019 ini dinilai cukup bagus, karena semua sekolah bisa mengikuti ajang MTQ.

Ketua Umum LPTQ Tangsel H Muhamad, menyampaikan, pelaksanaan MTQ Pelajar VI adalah upaya untuk mencari bibit-bibit potensial dalam pengembangan tilawatil quran. Sehingga, nanti yang menjadi juara dapat disertakan pada MTQ reguler yang akan dilaksanakan pada September di Kecamatan Serpong Utara.

“MTQ pelajar tingkat Kota Tangsel, bagian dari tahapan untuk menyaring bibit-bibit baru. Tahun ini pesertanya jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya. Ini sangat bagus sekali bagaimana syiar Islam terus kita gaungkan melalui MTQ ini,” katanya.

Ketua Harian LPTQ Tangsel, KH Sobron Zayyan selaku pimpinan Ponpes Al Qur’aniyyah mengucapkan selamat kepada putra dan putri yang telah tampil dengan cukup bagus. Antusias MTQ pelajar tahun ini begitu besar. Dengan antusiasnya cukup tinggi tentu menjadi bahan evaluasi ke depan untuk meningkatkan kualitas. Evaluasi yang dilakukan adalah dengan memperhatikan jumlah peserta yang semakin bertambah

“Mungkin ke depan kita tambah waktunya, sehingga kita rasakan tidak terburu-buru yang seharusnya sudah selesai tapi ini belum selesai. Yang semestinya anak-anak sudah waktunya pulang, masih di lokasi. Jadi dipaksakan. Oleh sebab itu, akan ditingkatkan lagi pelaksanaan MTQ Pelajar ini,” jelasnya.

Dirinya yakin tahun depan dengan diserahkan kepada sekolah secara umum dari mulai SD/Mi SMP/MTs SMA/Aliyah, dan lain-lain pasti minat peserta jauh lebih besar dari sekarang. Bahkan bisa mencapai ribuan. “Selain waktu menjadi empat hari, anggaran pun harus ditambah,” ujarnya.

Kepala Kemenag Kota Tangsel Abdul Rojak menambahkan, penutupan MTQ Pelajar VI berjalan lancar selama tiga hari. Semua pemenang sudah diumumkan dan tahun depan akan diadakan di Pondok Aren. “Acara sukses, lancar antusias cukup bagus dari seluruh sekolah se-Tangsel. Selamat kepada para juara,” ucapnya.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie bersyukur pelaksanaan MTQ Pelajar VI selesai dengan lancar dan sukses. Ini berkat LPTQ serta Kantor Kementerian Agama Kota Tangsel dan seluruh pihak turut mendukung.

“Alhamdulillah kita menyelesaikan MTQ pelajar VI. Mudah-mudahan MTQ pelajar ini sebagai upaya pengembangan SDM di kota Tangsel,” kata Bang Ben, sapaan akrab Benyamin Davnie.

Bang Ben mengajak untuk bersepakat bahwa MTQ pelajar tingkat kota dan MTQ reguler akan dilakukan September di Serpong Utara, dapat mencetak generasi yang susuai dengan tuntunan Islam. Tentu harus berproses sedikit demi sedikit tidak langsung besar dan ini adalah upaya daripada itu semua.

“Dalam skup skala jangka pendek melalui MTQ pelajar ini, anak-anak dilatih memiliki talenta luar biasa. Tetapi dalam jangka panjang MTQ adalah sebuah sarana untuk membangun SDM yang Islami. Pentingnya bagi kita saat ini, daripada membuka internet mending membuka Al Qur’an,” ucap Bang Ben.

Turut hadir, Camat Ciputat Timur Sutang Supriyanto, Camat Pondok Aren Makum Sagita, Ketua Harian LPTQ Tangsel KH Sobron Zayyan, Kepala Kantor Kemenag Tangsel Abdul Rojak, para pengurus dan dewan hakim serta masyarakat.

Camat Ciputat Timur, Sutang Supriyanto mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran MTQ Pelajar VI. Semoga anak-anak akan semakin cinta terhadap Al Quran, Ciputat Timur khususnya dan Tangsel lebih luas.

Camat Pondok Aren, Makum Sagita mengucapkan syukur atas keberhasilan mempertahankan juara. “Alhamdulillah kembali memang mempertahankan juara. Ini satu prestasi yang sangat bagus sekali. Kami pun siap untuk pelaksanaan MTQ Pelajar VII tahun depan di Pondok Aren,” ujar Makum usai menerima piala juara umum. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!