Hanura Gabung Fraksi Demokrat

Diterbitkan  Selasa, 03 / 09 / 2019 18:54 - Berita Ini Sudah :  176 Dilihat

 

SETU- Partai Hanura dan Partai Amanat Nasional (PAN) saat ini tidak bisa membentuk fraksi utuh di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan. Dari hasil Pemilu 2019, kedua partai tersebut harus bergabung dengan fraksi utuh.

Diketahui Hanura hanya memiliki 1 kursi DPRD yaitu Ari Wibawa. Sedangkan PAN memiliki 2 kursi yaitu Asropi Setiawan dan Samtoni. Fraksi utuh yang ada di DPRD Tangsel ialah Fraksi Golkar 10 kursi, PDI Perjuangan 8 kursi, Gerindra 8 kursi, PKS 8 kursi, Demokrat 5 kursi, PKB 4 kursi dan PSI 4 kursi.

Wakil Ketua Sementara DPRD Iwan Rahayu, mengatakan, saat ini rapat pembentukan fraksi masih menunggu kepastian dari Hanura dan PAN akan bergabung dengan fraksi utuh yang ada di DPRD.

“Pembentukan fraksi belum final, tadi kami sudah menggelar rapat dengan lintas fraksi. Dan hasilnya masih menunggu kabar lebih lanjut dari PAN, dan Hanura,” ujarnya.

Untuk Hanura sendiri Iwan mengatakan, kemungkinan besar akan bergabung dengan Demokrat. “Kalau Hanura katanya akan bergabung dengan Demokrat, tapi tentunya keputusan resmi itu harus disertai dengan surat resmi pula dari partai. Nah kalau PAN kita belum tahu kepastiannya akan bergabung kemana,” ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Iwan mengatakan, pimpinan sementara DPRD Tangsel berharap secepatnya fraksi dapat terbentuk. Agar pembahasan pembentukan Alat Ielengkapan Dewan (AKD) pun bisa berjalan dengan baik.

“Karena tahapannya itu fraksi yang harus terbentuk terlebih dahulu. Fraksi utuh lain sudah menyerahkan namanya. Tinggal menunggu PAN saja,” ungkapnya.

Soal bergabung dengan Demokrat, Ketua DPC Hanura Kota Tangsel, Amar memastikan, anggota dewannya di parlemen akan bergabung dengan Fraksi Demokrat yang kini memiliki lima kursi.

“Iya betul, Hanura akan bergabung dengan Fraksi Demokrat. Surat-suratnya sedang kami buat,” ujarnya.

Alasan memilih fraksi Demokrat, sebut Amar, karena memiliki pemahaman sama dan juga ideologi partai yang sama yaitu nasionalis. “Karena ideologi partai yang sama, dan juga banyak kesamaan visi lainnya, sehingga kami memilih bergabung dengan Fraksi Demokrat,” ungkapnya.

Bendahara DPD PAN Kota Tangsel, Asropi Setiawan, yang juga anggota dewan terpilih mengatakan, saat ini masih menjalin komunikasi dengan beberapa fraksi.

“Dengan Fraksi Demokrat kita sudah komunikasi mendalam, dan juga beberapa fraksi lain. Kami tentunya harus melaporkan terlebih dahulu ke partai mana yang harus kami pilih. Paling lambat keputusan kami berikan Kamis nanti,” ungkapnya singkat.

Rizki Jonis yang kini menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat mengaku sudah sepakat dengan Hanura. Sedangkan PAN masih menunggu kabar lebih lanjut dari pimpinan partainya.

“Dengan Hanura kami sudah sepakat tinggal menunggu surat resmi dari partai. Kalau dengan PAN komunikasi masih berjalan, dan sebenarnya pembicaraan kami dengan PAN sidah mendalam,” ungkapnya.

Rizki memastikan dirinya membuka pintu bagi PAN jika ingin bergabung dengan Fraksi Demokrat. “Yang pasti kami buka pintu. Agar semua proses bisa berjalan dengan cepat,” pungkasnya. (dra)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!