Harkopda Resmi Dibuka


Target 4 Hari Dua Puluh Ribu Pengunjung

Diterbitkan  Kamis, 05 / 09 / 2019 21:30 - Berita Ini Sudah :  428 Dilihat

PAMULANG-Hari Koperasi Daerah (Harkopda) ke-72 resmi dibuka, Kamis (5/9) siang di Lapangan Kecamatan Pamulang oleh Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie. Poses pembukaan masyarakat memadati kawasan kegiatan.

Dalam pembukaan ini cukup banyak pejabat yang hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Toto Sudarto, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aji Awan, Camat Pamulang Deden Juardi dan penggiat koperasi, pengurus dan anggota Dekopinda, para mahasiswa, duta koperasi, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda.

Untuk memeriahkan acara, Benyamin diarak menggunakan delman diiringi dengan marching band serta angklung dari sekitar seratus meter sampai depan pintu masuk kawasan Harkopda. Dirinya memuji, komposisi tampilan produk cukup menarik. Ragamnya banyak. Tentu ini dapat menjadi daya tarik orang untuk datang.

“Saat saya masuk di bagian depan sudah banyak produk yang ditawarkan seperti kerajinan tangan. Ini menjadi daya tarik masyarakat berkunjung ke sini,” ucapnya saat membuka Harkopda.

Lanjut ia, dalam prespektif Tangsel ke depan akan menantikan hasil buah tangan untuk bersama maju untuk menyongsong ke era ekonomi kerakyatan. Yang cocok di tangan dan lidah sehingga tidak akan ditinggal pelanggan. “Kami menyadari produk dihasilkan UKM masih perlu peningkatan kualitas karena masih bersaing dengan produk yang lain,” pesan Benyamin.

Dirinya mengajak untuk saling bersinergi dalam rangka memajukan produk Tangsel dan koperasi. Melalui Harkopda ini satu kesempatan yang cukup baik untuk mendatangkan lebih besar masyarakat Tangsel dan di luar Tangsel. Upaya sosialisasi sudah sangat banyak dan sejak lama termasuk mengundang berbagai daerah untuk turut hadir dalam kegiatan ini oleh panitia.

“Mari kita bersinergi kita sungguhan kuliner fashion dan hal-hal  kebutuhan jasa dan perdagangan. Apalagi Minggu akan ada karnaval yang diupayakan menjadi even tahunan. Teruslah laksanakan setiap tahun meski butuh waktu sangat panjang untuk menjadi agenda lebih besar dan banyak dikenal orang,” tambah ia.

Ketua Dekopinda Tangsel Dudung E Diredja menyampaikan dengan agenda kegiatan pasar murah dan lomba icon, ke depan perkoperasian menjadi landasan ekonomi kerakyatan di Tangsel. Oleh sebab itu Harkopda adalah pijakan penting dalam mengenalkan tetang koperasi dan UKM kepada masyarakat secara luas.

“Mengukur dari keberhasilan Harkopda bagaimana capaian transaksi ini bisa melebihi dari capaian tahun 2018 lalu sebesar Rp 5,2 miliar maka harus ditingkatkan dan tahun ini kita targetkan Rp 5,6 miliar selama empat hari Kamis-Minggu,” tuturnya.

Lebih penting lagi gelaran Harkopda ini harus mampu memvisualisasikan satu koperasi 1.000 UKM sebagaimana wacana yang telah lama digagas. “Harkopda 72 merupakan kerja bareng antara Dinkop dan Dekopinda. Dengan keterbatasan Dinkop tidak akan mampu menangani pengembangan koperasi dan UMKM. Demikian sebaliknya Dekopinda akan eksis dan berkembang jika didukung Dinkop,” pesan mantan Sekda Kota Tangsel ini.

Sekretaris Dinkop dan UKM Kota Tangsel, Dahlia Nadeak  menerangkan, Harkopda tahun ini diikuti 150 UKM dengan 78 koperasi. Alasan mengapa membuat harkopda adalah untuk memperkenalkan lebih jauh produk asal Tangsel pada pangsa pasar lebih luas. Sekaligus dalam rangka mencari branding produk menjadikan icon. “Pada kesempatan yang baik ini, pelaku UKM dan koperasi dalam terlibat dalam memamerkan produk mereka. Program-program koperasi mereka kepada pengunjung. Dengan harapan anggotanya bertambah banyak, serta produk-produknya laku dipasaran,” tambah ia.

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinkop dan UKM Tangsel, Deden Deni. Menurutnya, Harkopda satu acara bukan main-main. Mengapa demikian, karena dalam waktu empat hari, targetnya Rp 5,6 miliar satu angka yang cukup besar. “Artinya ini cukup perhitungan sampai menargetkan sebegitu besar. Dengan targetan per hari lima ribu pengunjung. Maka selama empat hari targetnya dua puluh ribu pengunjung,” tutupnya. (din)

 

Harkopda 72. Ketua Dekopinda Tangsel Dudung E Diredja (dua dari kiri), Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Sekdis Koperasi dan UKM Dahlia Nadeak dan Kepala Dinkop dan UKM Deden Deni saat mengunjungi stand pembukaan Harkopda ke-72 di Lapangan Kecamatan Pamulang, kemarin.

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!