Wujudkan Tangsel Bebas Rabies


Puskeswan Gelar Vaksinasi Gratis di Tujuh Kecamatan

Diterbitkan  Kamis, 12 / 09 / 2019 20:57 - Berita Ini Sudah :  357 Dilihat

PEMBERIAN VAKSIN GRATIS UNTUK HEWAN: Dokter Hewan dari Dinas Ketahanan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tangerang Selatan memberikan vaksin anti rabies kepada seekor kucing di Kecamatan Setu, Kamis (12/9). Pemberian Vaksin Rabies gratis tersebut untuk menghindari dan mengantisipasi penyebaran penyakit rabies kepada hewan-hewan peliharaan serta menargetkan wilayah provinsi Banten pada 2019 bebas terhadap penyakit rabies

SETU-Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengadakan vaksinasi rabies gratis yang berlangsung di tujuh kecamatan di Kota Tangsel.

Seperti yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Setu, Kamis (12/9), sebanyak 25 warga datang untuk memvaksin hewan peliharaanya tersebut.

Kepala Puskeswan Tangsel, Pipit Surya Yanuar menjelaskan, pemberian vaksin yang diberikan secara gratis di Puskeswan ini untuk jenis hewan seperti kucing, anjing, dan musang. ‘’Pemberian vaksinasi ini murni difasilitasi oleh Pemkot Tangsel secara gratis tanpa ada biaya apapun,’’ terangnya.

Pelayanan vaksinasi rabies gratis ini berlangsung sejak Selasa- Rabu (10-11/9) di Serpong dengan jumlah warga yang ikut memvaksin hewannya sebanyak 30, sementara di Kecamatan Setu yang berlangsung Kamis (12/9) sebanyak 25 hewan yang divaksin. Lalu vaksin ini akan dilaksanakan di Pamulang pada 16-17 September, Ciputat pada 18-19 September, Ciputat Timur 23-24 September, Pondok Aren 25-26 September, dan terakhir di Serpong Utara pada 30 September hingga 1 Oktober mendatang. “Pelaksanaan vaksin ini berlangsung sejak Pukul 08.00 sampai Pukul 12.00 WIB,”ungkapnya.

Pipit menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Rabies se-Dunia yang akan berlangsung pada 28 September mendatang, “Kegiatan ini kita lakukan, karena kita ingin mewujudkan Tangsel bebas rabies,”jelasnya.

Pipit mengatakan, dalam menjalankan program vaksinasi itu pihaknya menggunakan vaksin berjenis Rabivet Supra 92. “Vaksin ini ampuh mencegah penyakit rabies pada anjing, kucing, kera, dan musang. Selain itu vaksin yang digunakan ini juga disarankan oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia,” kata dia.

Pipit mengimbau, warga untuk rutin memberi vaksin pada hewan peliharaannya. “Harus rutin dilakukan vaksinasi baik saat ada program pemerintah ataupun membawa hewannya ke klinik hewan,”singkatnya.

Sementara, Rr Noemeilita, warga Griya Loka BSD mengaku baru pertama kali melakukan vaksinasi rabies untuk kucingnya. “Kalau vaksin biasa, saya rutin memvaksin, tapi untuk rabies baru kali ini,”ungkap Rr Noemeilita yang melakukan vaksin untuk ketiga kucingnya.(irm)

 

Komentar Anda

comments