Rumah ke-3 Diresmikan


Tahun Depan Perkimta Akan Bedah 310 Unit Rumah Tidak Layak Huni

Diterbitkan  Senin, 14 / 10 / 2019 21:35 - Berita Ini Sudah :  1457 Dilihat

 

BEDAH RUMAH: Plt Kepala Dinas Perkimta Kota Tangsel Teddy Meiyadi di dampingi Lurah Pisangan TB Apriliandi menyerahkan kunci rumah kepada pemilik rumah yang rumahnya di lakukan bedah rumah di kawasan Ciputat Timur, Senin (14/10).

PISANGAN-Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meresmikan rumah umum tidak layak huni (RUTLH) yang ketiga di Jalan Legoso Selatan 1 No 9 RT 7/2, Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Senin (14/10).

Rumah yang diresmikan yakni rumah milik Raniah. “Terima kasih kepada Pemkot Tangsel yang telah membangun rumah saya menjadi bagus dan layak huni, saya sangat senang dan saya berdoa bapak ibu selalu dimudahkan dalam menjalankan pekerjaanya,”ungkap Raniah.

Plt Kepala Dinas Perkimta, Teddy Meiyadi, menjelaskan, ini merupakan rumah ketiga diperiode Oktober yang diresmikan. Tahun depan Perkimta menganggarkan sebanyak 310 rumah yang akan dibedah, dengan nominalnya dikisaran Rp 22 Miliar.

Dengan anggaran yang besar tersebut, pihaknya akan memilah mana rumah yang memiliki kerusakan ringan akan dikerjakan dan kewenangannya akan dikerjakan Camat dan Lurah, sedangkan untuk yang berat akan dikerjakan oleh Perkimta.

Dari 310 rumah yang akan diperbaiki, kemungkinan paling banyak di Kecamatan Ciputat, Pondok Aren dan Pamulang. Menurutnya, hal tersebut identik dengan dengan jumlah penduduknya.

Rencannaya perbaikan rumah tak layak huni tersebut dimulai pada Januari 2020. Sementara pengerjaan bekerjasama dengan Badan Keswadayaan Masayarakat (BKM) di setiap keluarahan yang bersangkutan. Dia memastikan, pihaknya mampu menuntaskan program tersebut tepat waktu.

“Sesuai dengan pengalaman tahun ini dan tahun lalu, kia bisa tepat waktu, kalau bekerjasama dengan masyarakat. Jadi tidak perlu melalui proses lelang dan sebagainya. Nanti akan ada SK wali kota surat penetapan penerima,” tuturnya.

Dia menuturkan, berdasarkan kebijakan Pemkot Tangsel di tahun depan, kewenangan perbaikan rumah-rumah yang rusak ringan ada di lurah dan camat warga setempat. Dirinya ingin Dinas perkimta menjadi contoh pada 2020 OPD yang menyerahkan kewenanagan di camat dan lurah.

“Nanti yang rusak ringan kita delegasikan kepada camat dan lurah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perumahan di Dinas Perkimta Kota Tangsel Yulia Rahmawati, menjelaskan, dari 310 yang sudah fix ada 307 rumah yang akan dibedah di 2020. “Untuk data sementara sudah 307 yang masuk dalam usulan yang akan dikerjakan di 2020,”singkatnya.(irm)

 

Komentar Anda

comments