Mahasiswa UMT Kunjungi DPRD


Belajar Penyusunan Anggaran

Diterbitkan  Kamis, 17 / 10 / 2019 22:20 - Berita Ini Sudah :  737 Dilihat

KUNJUNGAN. Ketua Fraksi Demokrat Kota Tangsel Rizki Jonis foto bersama mahasiswa UMT, usai menggelar diskusi di ruangan fraksi, kemarin.

SETU-Mahasiwa Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) berkunjung ke Fraksi Demokrat DPRD Kota Tangsel, Kamis (17/10). Mahasiswa dari Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini melakukan kunjungan untuk belajar secara langsung mengenai tugas dan fungsi DPRD.

Dalam kunjungannya tersebut diterima langsung oleh Ketua Fraksi Demokrat Rizki Jonis. Dan Rizki sangat mengapresiasi kegiatan Mahasiwa tersebut.

Menurut Rizki kegiatan yang dilakukan mahasiwa secara langsung dapat mengetahui bagaimana kerja wakil rakyat dan kebijakan politik yang diambil dalam kerjanya. Ini sangat penting untuk menjadi wawasan para mahasiswa.

“Dengan begini adik-adik kita bisa tahu langsung seperti apa kami kerja. Karena selama ini mereka hanya tahu tugas dewan secara teks book saja. Jelas banyak perbedaan dengan implementasi di lapangannya. Karena undang-undang itu setiap tahun bisa berubah. Jadi kami sangat mengapresiasi kedatangan mahasiswa seperti ini,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut dirinya menjelaskan soal perencanaan dan penyusunan anggaran. Di mana dari penjelasan tersebut para mahasiswa dapat mengetahui secara langsung bagaimana anggaran setiap tahun disusunnya.

“Kita jelaskan tadi soal mekanisme dan pembahasan serta penyusunan anggaran. Dengan begitu mereka paham betul soal kebijakan anggaran,” ujarnya.

Mengenai penyusunan anggaran. Dewan juga memiliki fungsi pengawasan terhadap anggaran tersebut. Dan fungsi pengawasan yang dilakukan ialah dengan melakukan rapat evaluasi triwulan.

“Tidak hanya menyusun anggaran saja, tetapi kami juga melanjutkan pengawasan pelaksanaan anggaran yang telah diprogram. Pengawasanya dalam bentuk rapat evaluasi triwulan,” paparnya.

Sementara itu Fauzan, Mahasiswa UMT yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan kegiatan dilakukan untuk belajar secara langsung mengenai tugas dan fungsi DPRD.

“Kami ingin tahu secara langsung dari sumbernya, dan ini juga bagian dari tugas kuliah. Alhamdulillah tadi kami bertemu langsung dengan Ketua Fraksi Demokrat dan mendapatkan banyak pemahaman dari beliau,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments