Pemahaman Tentang Arsip Dinilai Membaik

Diterbitkan  Kamis, 17 / 10 / 2019 22:19 - Berita Ini Sudah :  497 Dilihat

 

PAMULANG-Arsip menjadi barang bukti yang tak ternilai harganya. Oleh karenanya kendati usianya puluhan tahun bahkan ratusan tahun tetap perlu disimpan karena sewaktu-waktu dibutuhkan.

Demikianlah gambaran pemahaman tentang arsip  bagi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel. Supaya pemahaman sama, Dinas Perpustakaan tak henti-hentinya melakukan sosialisasi  kepada semua OPD agar pemahaman terhadap arsip sama. Karena itu, saat ini sudah ada ribuan arsip yang tersimpan dan dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel berlokasi di Taman Tekno.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel, Agus Budi Darmawan menyampaikan sebetulnya bukan berbicara seberapa banyak arsip yang tersimpan, tapi bagaimana arsip masih dapat ditemukan kembali jika sudah disimpan. Karena pentingnya menyimpan untuk ditemukan kembali saat dibutuhkan.

“Arsip yang sudah lama perlu dipisahkan agar kegiatan di semua OPD juga lebih mudah tidak memakan tempat. Dan arsip-arsip itu tetap masih dapat ditelusur apabila dibutuhkan,” kata mantan Sekretaris Dinas Pariwisata.

Saat ini banyak OPD yang sudah menitipkan arsipnya yang usianya sudah cukup lama namun memang belum semua karena keterbatasan ruangan. Jika memang ruanganya cukup maka akan dikelola untuk arsip-arsip seluruh OPD yang ada.

“Itu belum semua OPD karena kami keterbatasan tempat. Dan kami harus mengelola dengan baik dan tertata karena sewaktu-waktu memang digunakan kembali. Oleh sebab itu bagaimana arsip juga mudah ditemukan saat dicari maka kami oleh dengan sistematis,” katanya.

Arisip retensi waktunya minimal 10 tahun, ada yang sampai 20 tahun hingga ratusan tahun untuk data-data penting. Tangsel usianya sudah menginjak 11 tahun ini, maka arsip-arsip yang sudah 10 tahun perlu disimpan dengan rapih. Pihaknya menunggu pembangunan gedung arsip yang direncakan di lingkungan Kecamatan Setu dapat berjalan lancar.

“Supaya pengelolaan arsip dapat berjalan optimal, maka perlu tempat khusus dan Tangsel rencana membangun gedung arisp yang berlokasi di Setu. Prediksinya kemungkinan tahun depan mulai digarap,” tambah ia. (din). (din)

Komentar Anda

comments