Satpol PP Inventarisir Linmas se-Tangsel

Diterbitkan  Kamis, 24 / 10 / 2019 21:12 - Berita Ini Sudah :  239 Dilihat

 

SETU-Melihat adanya ketidak jelasan terhadap status anggota Perlindungn Masyarakat (Linmas) di Kota Tangsel, Pemkot melalui Satpol PP mulai melakukan Inventarisir di setiap kelurahan yang ada di wilayah administrasi Kota Tangsel.

Kabid Linmas SatpolPP Kota Tangsel, Dimas Sakti Adiguna menjelaskan, bahwa kewenangan Linmas sudah diserahkan kepada daerah masing-masing. Hal tersebut sudah tertuang dari Permendagri Nomor 3 Tentang  Kelinmasan.

“Makanya sekarang kita mulai melakukan pendataan, dimana masing-masing  kelurahan bisa mencapai sepuluh linmas berjaga,” ujar Dimas, kemarin.

Nantinya Linmas akan berkerja untuk membantu aparatur mengamankan wilayahnya. Misalnya menjaga, lingkungan dan menjaga keamanan. Kemudian melakukan tindakan pertama pada kecelakaan, bencana sampai mengamankan lalulintas.

Rencananya Satpol PP juga akan segera membentuk perwal yang akan menjadid asar hukum status dan kinerja linmas di kawasannya masing-masing. Yang nantinya linmas akan dilatih dan dilantik sebagai salah satu aparat lingkungan yang bertanggungjawab atas keamanaan lingkungannya.

Dimas menegaskan, rencana tersebut belum bisa dilakukan tahun ini terkait dengan perwal yang belum diterbitkan. Sehingga saat ini, sambil berjalan, Satpol PP akan menyiapkan draf untuk peraturan walikota (perwal). Sehingga tahun depan perwal bisa diterbitkan yang nantinya menjadi dasar hukum bagi linmas.

Selain itu Dimas juga sedang membahas soal insentif untuk linmas. “Tapi itu kewenangan pimpinan. Jadi, nanti, dibahas dulu bagaimana kebijakannya,” kata dia.(irm)

 

PENJELASAN LINMAS. Dimas Sakti Putra Adiguna, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kota Tangerang Selatan memberikan penjelasan terkait fungsi kerja dari Perlindungan Masyarakat Satpol PP Tangerang Selatan kepada sejumlah peserta yang hadir di Kecamatan Setu, kemarin.

Komentar Anda

comments