Target Benahi Atlet Tangsel Secara Sistematis


Dispora Ajukan Satu Perwal

Diterbitkan  Minggu, 27 / 10 / 2019 22:56 - Berita Ini Sudah :  377 Dilihat

 

CIPUTAT-Perwal tentang Tata Cara Pendaftaran Organisasi Olahraga dapat segera dirumuskan sebagai upaya pengembangan prestasi atlet agar lebih mudah. Hal ini sejalan dengan diterbitkannya Perda 7 Tahun 2017, tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Di dalam Perda 7 Tahun 2017, tentang Penyelenggaraan Keolahragaan ada 10 amanah yang harus di-Perwal-kan. Tahun ini satu Perwal segera terbit dengan target akhir tahun selesai. Tahun depan dua Perwal yang akan dibahas.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Tangsel Ucok AH Siagian menjelaskan bahwa tujuan diadakannya penyusunan Raperwal Tangerang Selatan tentang Pembinaan dan Pengembangan Prestasi Olahraga adalah untuk mempersiapkan Rancangan Peraturan Walikota Tangerang Selatan tentang Tata Cara Pendaftaran Organisasi Olahraga. Hal ini merupakan landasan berpikir dalam menyusun Peraturan Walikota Tangerang Selatan untuk Pembinaan dan Pengembangan Prestasi Olahraga.

“Dengan demikian akan lebih memperjelas tentang latar belakang, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam pembentukan Peraturan Walikota Tangerang Selatan untuk Pembinaan Dan Pengembangan Prestasi Olahraga,” kata Ucok.

Selain itu, Perwal ini menjadi bahan untuk menjaring aspirasi masyarakat di bidang Pembinaan dan Pengembangan Prestasi Olahraga. Penjaringan dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sedangkan kegunaan dari Raperwal Tangerang Selatan tentang Tata Cara Pendaftaran Organisasi Olahraga untuk Pembinaan dan Pengembangan Prestasi Olahraga ini adalah (i) sebagai inisiasi awal bagi penyusunan Raperwal Tangerang Selatan tentang Pembinaan Dan Pengembangan Prestasi Olahraga lainnya yang diamanahkan dalam Perda 7 tahun 2017, tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

(ii) sebagai bahan pembahasan dalam forum konsultasi pengharmonisasian, dan (iii) sebagai pemantapan konsepsi Raperwal, serta (iv) sebagai bahan dasar keterangan Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengenai Raperwal yang disiapkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Selatan guna dijadikan Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Prestasi Olahraga di Kota Tangerang Selatan.

Bahwa Dispora  harus memiliki data riil semua organisasi olahraga yang tergabung pada induk cabang olahraga masing-masing.  Sehingga pengembangan prestasi olahraga semakin terprogam karena sudah ada penataan sistem pembinaan olahraga prestasi yang terintegrasi dengan sistem pendidikan. Hal ini dalam rangka pembibitan atlet serta peningkatan prestasi di beberapa cabor seperti sepakbola, bulutangkis, basket, atletik, dan lainnya.

Cakupan strategisnya adalah penataan sistem pembinaan olahraga secara berjenjang dan berkesinambungan berbasis cabang olahraga olimpiade didukung penerapan sport science, statistik keolahragaan dan sistem remunerasi dan penghargaan.

“Banyak pihak yang memberikan masukan dan dorongan untuk penyusunan Perwal.  Ini menjadi program dengan tujuan pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga di Kota Tangsel semakin terstruktur dan terprogram lebih baik ke depannya, ” tuturnya.

Secara kontinu melakukan pertemuan dari berbagai pihak untuk mendapatkan masukan saran yang positif. Selanjutnya, masukan  dipaparkan di dalam intenal untuk mengetahui capaian, permasalahan, tantangan, dan kendala serta strategi pembinaan olahraga di Tangsel.

Kadispora Tangsel, Wiwi Martawijaya menyampaikan dalam meningkatkan kualitas pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga melalui Peraturan Walikota Tangsel tentunya  sangat  penting mengingat akan menjadi penjabaran Perda No 7/2017 tentang Penyelenggaraan Olahraga.  “Diharapkan ini menjadi perubahan, inovasi yang bisa mendorong prestasi olahraga di Kota Tangsel, ” tambah ia.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamien Davnie menyampaikan pengembangan peningkatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) salah satunya melalui jalur olahraga selain jalur lainnya.  Meskipun ada kendala dengan minimnya anggaran dalam meraih prestasi yang lebih dahsyat lagi.

“Kita tidak pungkiri, memang ada atlet kita meraih prestasi tingkat Internasional, itu terjadi dalam kondisi sarana prasarana yang kita miliki masih belum lengkap tidak sama dengan daerah lain yang lengkap sarana prasarana, ”  katanya.

Ketua KONI Tangsel, Rita Juwita menambahkan Perwal ini sangat ditunggu-tunggu oleh KONI Tangsel,  baik para pengurus dan para cabang olahraga (Cabor). “Karena kita akan memiliki dasar aturan sehingga para atlet kita yang berprestasi semakin memiliki pijakan ke depannya, ” tambah ia. (din)

Komentar Anda

comments