Puluhan Peserta Ikuti Vokasi BPJAMSOSTEK Selama 22 Hari

Diterbitkan  Selasa, 29 / 10 / 2019 21:56 - Berita Ini Sudah :  483 Dilihat

BSD-Puluhan remaja mengikuti vokasi yang diadakan oleh BPJAMSOSTEK, Senin (28/10) di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Binar Academy, The Breeze BSD selama 22 hari. Diharapkan peserta vokasi setelah memperoleh sertifikasi bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Banten, Eko Nugrianto menyampaikan, tujuan daripada vokasi ini bagi peserta BPJAMSOSTEK Kota Tangerang Selatan yang kebetulan mereka tidak bekerja akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau memang mengundurkan diri. Selama mereka belum memperoleh pekerjaan, diberikan pelatihan dengan dilengkapi sertifikasi.

“Kita berikan satu upskilling atau reskilling sehingga nanti bisa terserap di lapangan kerja yang baru atau bisa menciptakan pekerjaan yang baru. Sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan lagi dan menghidupi keluarganya. Kita berharap bahwa vokasional ini bisa menciptakan Indonesia bekerja dan PHK bukan menjadi satu terminologi yang menakutkan. Dengan PHK di tempat lain, kita bisa berikan pelatihan sehingga BPJAMSOSTEK ini bisa menjadi satu jembatan untuk mereka tidak pernah berhenti untuk berkarya,” katanya.

Cara mendaftar menggunakan aplikasi, bagi mereka yang belum bekerja kembali dan pihaknya saat ini telah bekerjasama dengan beberapa lembaga yang menyelenggarakan vokasi. Setelah peserta mendaftar, tahap selanjutnya diverifikasi. “Setelah itu kita berikan pelatihan sesuai dengan minatnya,” tambah ia.

Di Banten bekerjasama dengan tiga lembaga, pertama ISS, Binar Academy dan Jaga Nusantara 1, dan ke depan akan memperluas kerjasama sehingga peminatan bisa lebih banyak.

“Insya Allah, untuk Banten sampai dengan akhir Desember ditarget 1500 pekerja, itu target minimal syukur-syukur dapat melampaui, karena untuk pilot project dua, yaitu di Kota Tangsel dan Serang,” jelasnya.

Saat ini saja yang sudah mendaftar ada 100 an orang untuk di Serang, dan siap buka kelas, tinggal menunggu kerjasama saja. Jika tandantangan MoU telah dilakukan maka segera dibuka. “Mengapa cepat tersebar, karena informasinya dari mulut ke mulut. Kantor Cabang Tangsel ini awal dibuka, dan Insya Allah akan lebih banyak peminatnya,” jelasnya.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Tangerang Selatan Ghazali Dachlan menambahkan bahwa ini program pemerintah untuk mengurangi pengangguran. Dirinya pun yakin dengan progam vokasi ini mereka yang belum bekerja lebih mudah memperoleh pekerjaan yang baru tentunya dengan keterampilan yang mumpuni.

“Insya Allah siapa tahu mereka selesai dengan vokasi akan mudah. Saat ini ada 18 orang, dan memang peminatnya cukup banyak. Ini program pemerintah yang harus kita dukung. Dengan mengikuti program ini semakin mudah memperoleh pekerjaan,” tambah ia. (din)

 

Vokasi. Puluhan peserta vokasi, foto bersama Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Banten Eko Nugrianto (baris kedua, lima dari kiri) dan Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Tangerang Selatan Ghazali Dachlan, (baris kedua empat dari kiri).

Komentar Anda

comments