DPMPTSP Buat Layanan On The Spot IMB di Mal


Permudah Investasi di Tangsel

Diterbitkan  Kamis, 31 / 10 / 2019 22:29 - Berita Ini Sudah :  556 Dilihat

PELAYANAN. DPMPTSP membuka layanan on the spot IMB bertempat di Bintaro Xchange, Kamis (31/10) hingga Sabtu (2/11).

BINTARO-Guna memberikan kemudahan bagi masyarakat Tangsel yang ingin berinvestasi di bidang perumahan maupun rumah tinggal, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tangsel membuka layanan on the spot Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang diadakan di mal-mal ternama yang ada di Kota Tangsel.

Kepala DPMPTSP Kota Tangsel,  Bambang Noertjahjo menjelaskan, pelayanan on the spot ini merupakan peningkatan tata kelola pelayanan dan administrasi yang efektif dan efisien kepada warga yang ingin berinvestasi maupun tinggal di kota Tangsel. “Ini bentuk penunjang yang kami berikan dalam memfasilitasi kemudahan masyarakat dalam pengurusan IMB,”katanya.

Bentuk pelayanannya adalah, membuka stand di tempat umum untuk memberikan sosialisasi mengenai proses pendaftaran IMB dan izin mendirikan bangunan.

Bambang menjelaskan ada dua pelayanan yang diberikan dalam stand yang dibuka di tempat umum tersebut. Yaitu, informasi mengenai IMB OTS dan Jemput Bola Pelayanan Satu Hari. Untuk IMB OTS adalah, proses pelayanan IMB bagi masyarakat kelas menengah ke atas yang akan membangun rumah di dalam kelaster atau perumahan.

Teknisnya, masyarakat bisa mencari tahu apa saja persyaratan IMB tersebut. Jika sudah memenuhi syarat bisa melakukan pembayaran dan proses perizinan untuk mendirikan bangunan. Proses kerjanya pun sama dengan yang dilakukan di kantor. Yaitu, 14 hari masa kerja. Namun pelayanannya dipermudah dengan memberikan akses di tempat umum seperti itu.

”Sementara untuk pelayanan satu hari, adalah pelayanan yang diberikan kepada masayrakat menengah ke bawah yang akan membanguan bangunan perseorangan dengan luas tanah tidak lebih dari 100 meter persegi,” ujar Bambang.

Dia menambahkan fasilitas ini meliputi proses pelayanan sampai dengan rekomendasi desai yang bisa digunakan masyarakat yang akan membangun rumah di atas tanah kurang dari 100 meter persegi. Di luar kelaster dan perumahan.

Pelayanan ini, menurut Bambang merupakan salah satu upaya pemkot dalam meningkatkan investasi dari sisi properti. Seperti yang diketahui, Tangsel merupakan daerah penyangga yang masyarakatnya memiliki mobilitas di daerah DKI. Sehingga hal ini akan mampu memberikan peningkatan investasi terhadap PAD Tangsel.

Kepala Seksi Pelayanan Pembangunan pada DPMPTSP Randi Patabai menjelaskan, pelayanan on the spot IMB ini berlangsung hingga Sabtu (2/10), dan akan berlanjut ke Mal Living World. “Kegiatan ini akan berlanjut ke mal-mal besar yang ada di Tangsel,”ungkapnya.

Pelayanan ini tidak hanya untuk mengejar target pendapatan dari sektor IMB, namun juga untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Tangsel yang ingin membuat IMB, bahkan pihaknya juga telah menyiapkan 20 desaign rumah sehingga mereka tidak perlu membuat desaign tersebut.(irm)

 

 

Komentar Anda

comments