Tingkatkan Kreativitas SDM Melalui Workshop Fotografi

Diterbitkan  Kamis, 31 / 10 / 2019 22:30 - Berita Ini Sudah :  966 Dilihat

WORKSHOP FOTOGRAFI: Fotografer Senior Beawiharta terlihat memberikan pelajaran terkait fotografi dalam acara Workshop Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Fotografi Tahun 2019 di BSD, Kamis (31/10). Acara yang di selenggarakan Bappeda kota Tangerang Selatan tersebut untuk mengajak sejjumlah anak muda agar terus belajar Fotografi

SERPONG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belakangan mulai masif melakukan pengembangan kepada pemuda di daerahnya. Salah satu yang dikembangkan adalah kreativitas dalam berbagai bidang. Baik seni, budaya, bahkan sektor konvensional.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia pun dilakukan bukan hanya oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Melainkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Fungsinya, memastikan bahwa proses pembangunan dilakukan dengan menyeluruh termasuk pada sektor SDM yang dimiliki. Caranya, membua workshop bertemakan Fotografi yang dilakukan di hotel kawasan Serpong, Kamis (31/10).

Ketua Pelaksana Workshop, sekaligus Plt Kepala Bappeda, Moch Taher menjelaskan, kebutuhan instansi terhadap sumberdaya manusia (SDM) mulai berubah. Bagian teknis belakangan sudah digantikan dengan kemampuan mesin yang semakin canggih. Sehingga saat ini sumber daya manusia harus menyesuaikan kemampuannya. Bukan lagi bersifat teknis, saat ini SDM diminta untuk melahirkan ide-ide dan kreativitas untuk membantu proses pembangunan daerahnya.

Menyadari hal tersebut, Taher memastikan bahwa SDM di Tangsel akan dibuat memahami, dan mampu menangani pergeseran akibat berkembangnya teknologi. Dengan cara mulai membangkikan kreativitas SDMnya.

”Melalui workshop ini, diharapkan ada banyak informasi yang bisa diambil. Terutama untuk meningkatkan krativitas yang nantinya dibutuhkan,” ujar Taher saat membuka acara tersebut.

Sementara, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menjelaskan di masa depan, ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh mesin. Salah satunya adalah fotografer. Menurutnya, melalui foto, ada banyak cerita dan pesan yang bisa disampaikan hanya dengan sebuah gambar.

”Karena itu harus ada pendidikan yang ditempuh oleh fotografer agar setidaknya mampu menguasai pengambilan gambar yang maksimal,” kata Benyamin.

Dia berharap dengan adanya  workshop ini, SDM di Kota Tangsel akan semakin siap menhadapi era revolusi industri yang akan menggeser lapangan pekerjaan. Benyamin pun mengimbau kepada seluruh peserta untuk mampu mengambil pelajaran dari tokoh-tokoh yang hadir pada saat ini. Yang mana sudah sering melang-lang buwana untuk menjadi fotografer handal.(irm)

Komentar Anda

comments