Madrasah Para Bintang Yang Kreatif dan Inovatif


Madrasah Tsanawiyah Pembanguanan UIN Jakarta

Diterbitkan  Kamis, 28 / 11 / 2019 22:14 - Berita Ini Sudah :  429 Dilihat

 

Pada usianya yang sudah mencapai 46 tahun, Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta kembali meraih nilai akreditasi pada bulan Oktober 2019 dengan predikat A (97), dalam wawancara dengan kepala madrasah, Momon Mujiburahman MA, beliau mengaku cukup puas dengan capaian prestasi yang telah diraihnya. Sungguh demikian kepala madrasah yang punya moto hidup lebih baik pernah salah tapi pernah mencoba dari pada tidak pernah salah dan tidak pernah mencoba, terus berinovasi dan berkreasi dalam berbagai aspek baik dalam mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman, proses pembelajaran yang  menyenangkan, dan terpenuhinya fasilitas yang memadai.

Dalam menciptakan lingkungan MTs Pembangunan yang aman dan nyaman dibentuk tim pengawas keamanan yang bertugas  melakukan patroli di lingkungan sekitar MP,  menegakkan tata tertib, mengadakan penyuluhan tentang narkoba, bijak menggunakan gadget, pengenalan HAM, bahaya bullying dan kenakalan remaja dengan menghadirkan narasumber dari BNN, polisi, KPAI, dan psikolog. Di samping hal tersebut adanya penambahan CCTV pada tempat-tempat tertentu.

MTs Pembangunan juga dikenal mampu menumbuh kembangkan karakter peserta didik yang berakhlak mulia dan dapat terbiasa beribadah dengan baik dan benar. Prestasi ini tentunya bukan tanpa usaha maksimal namun diprogramkan sejumlah kegiatan, diantaranya dilaksanakan kegiatan pembiasaan (Habitual  Curriculum)selama 40 menit di pagi hari sebelum belajar, berupa silent sitting, salat Duha, tadarus/tahsin Al-Quran, dan pidato/speech, serta juga terdapat kegiatan lain yang dilaksanakan di luar kelas berupa kegiatan Baksos, Safari Dakwah, Pesantren Ramadhan, Safari Duha, MABIT, field trip, Jambore Ekskul, leadership camp, LDKS dan lain-lain.

Upaya lainnya berupa berkantornya para wali kelas di kelas, sehingga terjalin kedekatan dan keharmonisan antara wali kelas dengan peserta didiknya. Para wali kelas dapat mengetahui tentang perilaku, ucapan, pergaulan, perkembangan nilai peserta didiknya sehingga dapat langsung memberikan bimbingan dan motivasi kepada mereka. Di sisi lain para wali kelas pun dapat mengetahui model pembelajaran yang dikembangkan oleh guru bidang studi yang mengajar di kelasnya.

Kurikulum MTs Pembangunan UIN Jakarta menerapkan perpaduan kurikulum Kemenag, Diknas yang berorientasi kurikulum 2013 dan mengutamakan pada pilar keunggulan yakni akhlakul karimah, bahasa, dan sains. Berdasarkan hal tersebut, MTs Pembangunan memiliki 3 jenis kelas, yakni Kelas Reguler, Kelas Bilingual Sains, dan Kelas Bilingual Tahfiz dengan keunggulan dan ciri khasnya masing-masing.

Dibukanya kelas bilingual tahfiz sebagai wadah untuk mengapresiasi keinginan peserta didik yang mempunyai minat menghafal Al-Quran dan mampu berbahasa asing (Arab dan Inggris). Kelas ini dibina oleh 2 guru tahfiz serta native bahasa Arab dan Inggris. Target hafalannya untuk kelas 7 hafal 5 juz, kelas 8 hafal 4 juz dan kelas 9 hafal 1 juz, selebihnya dimanfaatkan untuk pengulangan (muraja’ah) dan persiapan ujian nasional.

Untuk menyukseskan program kelas tahfiz ini, terdapat waktu tambahan untuk belajar tahfiz, terdapat program kunjungan edukasi ke pesantren tahfiz, Malam Bina Iman dan Takwa yang diisi kegiatan mendengarkan bacaan alqur’an (sima’an), setoran dan pengulangan (muraja’ah) juga praktik menjadi imam dengan irama tilawai. Program lainnya acara buka puasa bersama pada hari kamis yang sebelumnya dimanfaatkan juga untuk kegiatan tahfiz.

Untuk kelas bilingual sains terdapat penambahan jam pembelajaran MIPA dan bahasa asing (Arab dan Inggris) dengan menggunakan kurikulum Cambridge, kelas ini didampingi oleh wali kelas yang terampil berbahasa asing dan native speaker yang kompeten. Dalam pengembangan sains bekerjasam dengan Rumah sains ILMA Pamulang dll.

Adapun kegiatan pembelajaran di luar kelas yang menjadi fasilitas kelas bilingual (Tahfiz dan Sains) berupa Immersion, English Camp, kunjungan edukasi, Science Expo, Tahfidz Camp, Ngebul (ngobrol bareng bule).

Proses  pembelajaran yang menyenangkan terus diupayakan agar dapat dilaksanakan oleh semua guru. Dimulai dari penempatan kelas peserta didik sesuai dominan kecerdasannya (Multiple Intelligences Research) juga dilaksanakan pelatihan secara rutin metode-metode pembelajaran dengan menggandeng nara sumber yang kompeten di bidangnya seperti bekerja sama dengan Nex Edu (Tim Pak Munif Khatib)

Untuk memfasilitasi minat dan bakat siswa, dikembangkan macam-macam ekstrakurikuler. Mulai dari bidang agama ( tahfiz, marawis, kaligrafi), bahasa dan seni (English club, musikalisasi puisi, tari saman, public speaking / Jurnalistik), olahraga ( panahan, futsal, basket, anggar, taekwondo, badminton, tenis meja, paskibra, PMR, Pramuka), MIPA (Kelompok Ilmiah Remaja, Robotic, Sains Club, Math Club, Student company). Banyaknya ekstrakurikuler pilihan itu bukan hanya menjadi wadah siswa untuk berkreasi, namun juga membuahkan segudang presatsi. Berikut prestasi sampai tahun 2019 yang diraih MTs Pembangunan baik di tingkat daerah, nasional dan internasional.

 

 

 

Komentar Anda

comments