Pemkot Bakal Unggulkan Kesejahteraan Melalui Sampah

Diterbitkan  Minggu, 01 / 12 / 2019 21:56 - Berita Ini Sudah :  226 Dilihat

BANK SAMPAH.
Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menghadiri peresmian bank sampah RW 014 Benda Baru, Pamulang, Kemarin.

PAMULANG-Pemerintah Kota Ta­nger­ang Selatan bakal dukung program kesejahteraan masyarakat melalui Bank Sampah. Hal tersebut rencananya bakal dilakukan pada APBD yang akan datang, jika program  yang dilakukan sudah jelas dan sasarannya tepat.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie menjelaskan, jika salah satu dukungan yang diberikan nantinya akan disalurkan melalui dana kelurahan untuk mendampingi anggaran yang diberikan oleh APBN.

“Nanti programnya seperti apa. Apakah melalui bank sampah, pada saat menukarkan sampah mendapatkan sembako atau seperti apa. Nantinya kami salurkan anggarannya,” ujar Benyamin dalam giat peresmian bank sampah maju bersama RW 014 dan pe­nimbangan perdana Bank Sampah, Benda Baru, Pamulang.

Dia menambahkan, bahwa hal yang harus diperhatikan adalah struktur kelurahannya. Meskipun basis pelaksanaannya ada di tingkat RW, tetap menjadi perhatian pihak kelurahan. Sehingga strukturnya tetap terjaga sesuai dengan tujuan.

“Sehingga di tahun 2021, bisa memperkuat kegiatan yang memiliki fokus peningkatan swadaya masyarakat. Sa­lah satunya melalui bank sampah,” kata dia.

Untuk pengelolaannya sendiri, Benya­min memaparkan contoh yang dilakukan oleh Kabupaten Sleman. Dimana, di setiap bank sampah di DIY Yogyakarta itu yang dimiliki tersedia kolam ikan lele seukuran meja untuk membantu mengelola sampah.

“Jadi, kalau ada sampah sisa. Seperti tulang-tulang ikan, daging, itu bisa diberikan ke lele tersebut. Nantinya mereka yang makan. Terus lelenya bisa dibiakkan. Itu bisa menjadi opsi,” kata dia.

Benyamin memastikan komitmen membantu masyarakat untuk menggerakkan program ini sebagai investasi untuk menjadikan Kota Tangsel sebagai kota yang bersih dan sehat.(irm)

Komentar Anda

comments