Disperindag Siapkan SOP untuk Pengawasan Bahan Makanan Berbahaya

Diterbitkan  Senin, 09 / 12 / 2019 20:51 - Berita Ini Sudah :  477 Dilihat

RAPAT PENGAWASAN: Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Tangsel Maya Mardiana memberikan arahan kepada perwakilan dari Satpol PP Tangsel serta perwakilan dari dinas yang lainnya dalam Rapat Koordinasi Tim Pengawas Terpadu Bahan Berbahaya (B2) yang di salah gunakan dalam pangan, di BSD, Senin (9/12).

SERPONG-Pemerintah Kota Ta­nge­rang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), bakal siapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait hak konsumen. SOP tersebut nantinya berisikan tentang ketentuan penjualan bahan makanan.

Kepala Disperindag Kota Tangsel Maya Mardiana menjelaskan, bahwa ada beberapa catatan yang diterimanya dari BPOM. Salah satunya adalah mengenai Bahan Berbahaya (B2) yang dijadikan bahan-bahan makanan.

Karena itu dia mengumpulkan seluruh stakeholder untuk menentukan SOP penjualan bahan makanan. Misalnya dengan Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Dimana diklaim lebih memahami apa saja bahan yang tidak boleh dijual di pasar.

”Jadi seperti apa SOP nya nanti, tinggal disesuaikan. Jadi, forum ini juga bisa menjadi salah satu upaya memberikan usulan apa saja yang harus dilakukan oleh kami, atau pemerintah untuk membuat regulasinya,” ujar Maya.

Dia menambahkan, jika saat ini, Disperindag juga sudah menerima berbagai informasi dair masing-masing dinas yang memiliki kewenangan mengenai pengawasan B2. Sehingga sudah ada beberapa list kebijakan yang nantinya akan didiskusikan.

”Intinya diskusi ini bertujuan untuk melindungi hak konsumen. Hak mendapatkan makanan dengan bahan makanan yang aman dan sehat ketika dikonsumsi,” ujar Maya.(irm)

Komentar Anda

comments