Puluhan Peserta Lelang Jabatan Tes Penulisan Makalah

Diterbitkan  Selasa, 10 / 12 / 2019 22:04 - Berita Ini Sudah :  430 Dilihat

TES. Calon peserta lelang jabatan mengikuti tes penulisan makalah di Ruko CAT BKPP, Selasa (10/12).

SERPONG-Puluhan peserta seleksi open bidding (lelang jabatan) eselon II Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti tahapan penulisan makalah yang dilaksanakan di Laboratorium Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Tangsel, Ruko Tol Boulevard, BSD, Selasa (10/12).

Pada tahap penulisan makalah ini, judul penulisan makalah ditentukan oleh panitia seleksi (pansel) open bidding seperti jabatan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan dengan judul ‘Terwujudnya Peningkatan Kualitas Perumahan dan Pemukiman di Lingkungan Kota Tangsel beserta Infrastruktur Pendukungnya’. Untuk Jabatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yakni ‘Terwujudnya Peningkatan Budaya Baca Masyarakat Kota Tangsel’, Kepala Dinas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dengan judul ‘Terwujudnya Masyarakat Tangsel yang Responsive dan Bertanggungjawab dalam Proses dan Partisipasi Politik’.

Sedangkan untuk jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dengan judul ‘Terwujudnya ‘Peningkatan Kemantapan Jalan Daerah Kota Tangsel untuk Meningkatkan Daya Saing’, untuk Dinas Komunikasi dan Informatika yakni ‘Terwujudnya Smart City di Tangsel’. Sementara untuk jabatan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yakni ‘Terwujudnya Kualitas Perencanaan dan Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan Kota Tangsel’.

Pelaksanaan tahapan penulisan makalah sendiri dibagi dua tahap yakni tahap pertama pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB dan tahap kedua dari Pukul 10.00 WIB sampai selesai.

Kepala BKPP Kota Tangsel, Apendi menjelaskan, semua peserta mengikuti tes makalah ini. “Judul sudah ditetapkan oleh tim pansel, kita ingin ada orisinalitas pikiran dari peserta lelang, judul dari kita dan mereka bebas menulis apa yang ingin mereka tulis sesuai dengan judul yang diberikan. Karena kita ingin mencari ide-ide inovatif yang baru terhadap masalah kedepan,”ungkapnya.

Apendi menjelaskan, judul penulisan makalah yang ditulis peserta tidak jauh dari tugas sehari-harinya. “Harapan kita dia menulis apa yang akan dilakukan kalau dia jadi kepala dinas. Kita kasih judul ini. Apa yang dia lakukan kalau dia jadi kepala dinas tinggal jalan karena sudah punya rencana dibenaknya. Kira kira begitu. Tetap melalui sistematika keilmuan landasan berpikirnya, rumusan masalahnya, pembahasannya tetap seperti sebagaimana biasa,” katanya.

Setelah mengikuti tes penulisan makalah, peserta pada Kamis (12/12) dan Jumat (13/12) akan mengikuti tes wawancara bersama tim pansel. “Setelah dari wawancara, tim pansel akan mengirimkan nama tiga besar ke Walikota Tangsel. Lalu diumumkan tiga besar, dan kami berharap sesuai target tanggal 20 Desember sudah ada pelantikan untuk kepala dinas ini,”singkatnya.

Sementara itu, Sekretaris DPMPTSP Tangsel, Eki Hadiana mengungkapkan, judul yang diberikan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan jika menjadi kepala dinas di OPD masing-masing. “Kita dapat waktu dua jam untuk menulis makalah, dan Alhamdulillah bisa diselesaikan dalam waktu dua jam tersebut,”katanya.

Begitupula dengan Kepala Bidang pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil, Heru Sudarmanto yang mengikuti open bidding. Dia mengungkapkan, dirinya menulis makalah sesuai dengan judul yang telah ditentukan. “Langkah yang akan saya ambil jika saya sebagai kepala Dinas Perpustakaan untuk meningkatkan minat baca di Tangsel,”katanya.(irm)

Komentar Anda

comments