Bawaslu Tangsel Ajak Ormas Tingkatkan Pengawasan Pilkada

Diterbitkan  Rabu, 11 / 12 / 2019 20:54 - Berita Ini Sudah :  422 Dilihat

SOSIALISASI. Bawaslu Tangsel adakan sosialisasi pengawasan partisipatif yang diikuti oleh ormas di Kota Tangsel, kemarin.

SERPONG-Bawaslu Kota Ta­­ngerang Selatan (Tangsel) kembali melakukan sosialisasi terkait dengan peningkatan pengawasan partisipatif dari kalangan masyarakat. Kali ini, Bawaslu mengajak organisasi masyarakat (ormas) untuk mendapat­kan materi terkait dengan pengawasan ini.

Kordiv Pengawasan dan Hu­bungan Antar Lembaga pada Bawaslu Tangsel, Slamet Santosa menjelaskan, jika pengawasan partisipatif ini dilakukan untuk meningkatkan pengawasan di kalangan masyarakat.

Sebagaimana diketahui jika jumlah pengawas dalam Bawaslu Kota dan Kabupaten tidak akan memenuhi banyaknya titik yang harus diawasi. Sehingga dibutuhkan partisipasi dari masyarakat untuk meningkatkan pengawasan.

Sementara, kerawanan kasus Pilkada di Kota Tangsel hampir merata di seluruh kecamatan. ”Memang ada spot-spot yang biasa dijadikan tempat eksekusi. Sehingga kami berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memastikan bahwa spot-spot tersebut perlu diawasi,” ujar dia.

Sementara, Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Didih M Sudih menjelaskan, jika sosialisasi ini menjaring partisipatif masyarakat agar mau ikut bersama Bawaslu untuk menjaga keberlangsungan Pilkada 2020 nanti.

Menurutnya, sosialisasi ini mam­pu menyentuh ma­sya­rakat. Sebab menyentuh bagian yang juga mewakili keberadaan masyarakat. ”Ada beberapa elemen yang ikut diberikan sosialisasi. Misalnya, kalangan mahasiswa, organisasi masyarakat, sampai dengan kalangan pelajar,” ujarnya.

Di Banten sendiri, Didih menjelaskan belum ada daerah yang diputuskan masuk kepada daerah rawan pelanggaran. ”Daerah pelanggaran itu masih nanti kita umumkan di Bulan Januari 2020. Saat ini masih dilakukan pemetaan,” pungkasnya.(irm)

Komentar Anda

comments