Dudung E Diredja Serahkan 1.000 Pohon Zodia Cegah Nyamuk

Diterbitkan  Selasa, 28 / 01 / 2020 23:13 - Berita Ini Sudah :  468 Dilihat

 

PAMULANG-Ketua Dewan Pembina Forum Silaturahmi Pegiat Seni Budaya Tradisi (Fosil Persibrata) Tangsel Dudung E Diredja menyerahkan 1.000 pohon zodia kepada warga RW 17 Pondok Benda, Kecamatan Pamulang.  Diketahui, Kecamatan Pamulang sebagai pelopor Jumantik di Kota Tangsel.

Dudung E Diredja ditemani beberapa surveyor kader Jumantik, saat menyerahkan 1.000 pohon zodia begitu semangat. Dirinya menjelaskan manfaatnya dapat mengusir nyamuk sehingga pohon ini perlu ditanam di lingkungan rumah agar tidak banyak nyamuk.

“Pohon zodia ini disebar ke beberapa titik khususnya di galeri Jumantik yang ada di setiap kecamatan. Tentunya  Pohon Zodia juga menjadi simbol gerakan 1 rumah 1 Jumantik agar Tangsel bisa terbebas dari wabah DBD,” kata Dudung.

Mantan Sekda Kota Tangsel mengajak kepada masyarakat supaya lebih peduli terhadap lingkungan, dengan mengutamakan pemberantasan nyamuk dengan cara sering membersihkan air genangan, membuang barang bekas yang berpotensi menjadi sarang yamuk. Jika masyarakat peduli dipastikan lingkungan akan terbebas dari endemi DBD.

“Mari bersama sama kita kampanyekan 3M secara door to door kemasyarakat agar lingkungan kita bersih dan nyaman. Tujuanya agar kita semua terbebas dari bahaya nyamuk aedes aegypti yang bisa menyebabkan demam berdarah,”  tambah ia.

Kota Tangsel salah satu kota di Indonesia yang satu kecamatan bebas dari DBD yaitu Kecamatan Pamulang pada awalnya program ini dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Tentu ini satu prestasi yang sangat membanggakan. Oleh karena itu, masyarakatnya juga harus selalu mendukung agar status bebas DBD yang sudah dinobatkan melalui sertifikasi terus tahun demi tahun dapat dirasakan manfaatnya.

“Kader Jumantik adalah garda terdepan dalam mengkampanyekan gerakan menguras, menutup dan mengubur sarang nyamuk. Terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan kader Jumantik kepada masyarakat Tangsel teruslah jadi pelopor kesehatan di Tangsel,” tegas Dudung.

Pembina Pokja Jumantik Kelurahan Benda Baru,  Umar Jaya usai menerima penyerahan pohon zodia mengaku cukup senang. Pasalnya, bantuan pohon zodia sebagai upaya peduli terhadap gerakan Jumantik di Kota Tangsel. Tentu dengan dukungan ini menambah semangat para kader Jumantik untuk terus melakukan aksi bebas DBD di ke camatan lain yang mana Pamulang menjadi pelopor.

“1.000 pohon zodia yang diserahkan Bapak Dudung E Diredja sebagai gerakan sosial yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Mari jadikan motivasi dan penyemangat bagi kita kader Jumantik karena ternyata kita tidak sendiri dalam mengkampanyekan pola hidup sehat di masyarakat,” imbuh ia.

Lanjutnya, dirinya berharap agar pohon zodia ini benar-benar dapat terarah supaya bisa bermanfaat untuk mengusir nyamuk di tengah masyarakat. “Terima kasih atas penyerahan 1000 pohon zodia kepada kader Jumantik, Semoga menjadi manfaat bagi masyarakat Tangsel,” tutup Umar Jaya.

Tak hanya di Kecamatan Pamulang, Dudung juga menyerahkan ke ke RW 05 Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Serpong yang diterima langsung oleh Tularji. (din)

Komentar Anda

comments