Kerap Terkena Banjir, Warga Jombang Minta Dibuatkan Tandon

Diterbitkan  Selasa, 28 / 01 / 2020 23:33 - Berita Ini Sudah :  544 Dilihat

 

CIPUTAT-Warga RW 22, 13 dan RW 05 Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat kerap menjadi langganan banjir setiap tahunnya, untuk itu banyak warga Jombang yang mengusulkan pembuatan tandon dikawasan mereka.

Terlebih dengan adanya pembangunan tol, dan penyempitan sungai deker diwilayah tersebut, membuat wilayah tersebut jika hujan deras langsung banjir.

Untuk itu Ketua RW 013, Tubagus Farurozi mengatakan, sejak ada pembangunan tol di wilayah itu, setiap kali masuk musim hujan banjir dengan ketinggian berbeda-beda. Terlebih lagi pada saat banjir besar awal 2020 kemarin.

Dengan kondisi itu, Farurozi mengatakan, dari kajian warga ada dua opsi yang diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yakni dibuat sodetan sungai Derek ke sungai angke dan kedua pembuatan tandon.

Namun karena usulan sodetan itu dirasa tidak mungkin, maka warga meminta dibuatkan tandon di sekitaran tiga RW tersebut.

“Kita sudah usulkan ke dewan ketika Musrenbang, bahkan sudah jauh hari juga kita sudah kirim surat ke Walikota. Dan dari kami mengusulkan agar dibangun tandon di kawasan ini. Kami sudah usulkan ke banyak pihak soal usulan tandon ini, tinggal berharap agar DPRD juga mengawal aspirasi kami,” paparnya.

Hal serupa juga dikatakan Salah seorang warga Puri Bintaro RW 022, Proyoga mengatakan, salah satu solusi agar tidak terjadi lagi genangan air diwilayah perumahan tempat tinggalnya adalah pemerintah harus membuatkan sebuah tandon sebagai resapan air.

“Kalau untuk mengurangi debit air harusnya pemerintah membuat Tandon air, diseberang tol sepertinya bisa dibuatkan Tandon. Apalagi kan kemarin sumber air yang paling banyak kesini kan dari Tol. Dan juga seharusnya mereka punya aliran air sendiri jangan digabung ke kali perumahan warga,” tutur Yoga saat dimintai keterangan.

“Kemudian kali Deker, seharusnya kali deker itu di sedementasi atau dikeruk agar jalan airnya lancar dan juga kami meminta kepada dinas terkait agar membuat jaring agar sampah yang dikali Deker itu nggak hanyut ke warga,” tambahnya.

Menanggapi usulan warga tersebut, Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel, Yanto, dari Fraksi Demokrat, mengaku sudah mendengar usulan warga tersebut untuk dibuatkan tandon di Kelurahan Jombang.

Lebih lanjut Yanto mengatakan, bahwa DPRD akan mengawal usulan warga tersebut, dan mendorong agar Dinas terkait bisa segera melakukan kajian untuk dibuatkan tandon di Jombang.

“Persoalan banjir ini adalah persoalan yang serius. Dan usulan dibuatkan tandon menurut kami sangat masuk akal dan bisa mengurai masalah banjir. Jadi usulan warga ini akan kita kawal,” pungkasnya.(dra)

Komentar Anda

comments