Pemkot Intruksikan Kerja Bakti Lingkungan Rutin

Diterbitkan  Jumat, 31 / 01 / 2020 22:33 - Berita Ini Sudah :  550 Dilihat

 

PAMULANG- Pemkot Tangerang Selatan mengimbau masyarakat menggiatkan kerja bakti secara rutin. Hal itu untuk mencegah kemungkinan terjadinya banjir, karena kerja bakti membersihkan drainase dapat membantu kelancaran air saat hujan.

Intruksi kerja bakti lingkungan tersebut telah disampaikan Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie kepada seluruh camat serta lurah. Program Jumsih sebetulnya sudah dijalankan sejak lama, namun supaya lebih maksimal perlu diintruksikan lagi agar kerja bakti berlangsung secara merata di semua wilayah.

“Ibu walikota sudah instruksi koordinasi para camat dan lurah untuk ajak masyarakat kerjabakti membersihkan saluran air di lingkungan masing-masing dan kampanye untuk terus jangan membuang sampah ke drainase serta kampanye pemberantasan sarang nyamuk,” kata Benyamin.

Bersihnya drainase terhindar dari sampah, tanah dan lain-lain mampu memberikan ruang jalannya air, sehingga ketika terjadi hujan lebat air tidak mandeg. Dengan demikian dapat membantu mengantisipasi terjadinya banjir di lingkungan. Kesadaran masyarakat akan hal ini yang sangat diharapkan.

“Sangat membantu sekali, saluran air semua bersih, dapat mengurangi potensi banjir di lingkungan. Kami berharap masyarakat mulai membiasakan untuk selalu rajin membersihkan saluran air yang ada di lingkungan sekitar,” pinta Benyamin.

Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Ciputat, Sutiyono menyampaikan potensi prakiraan cuaca untuk hari ini Sabtu (1/2) wilayah Kota Tangsel. Ciputat, Pamulang, Pondok Aren Serpong dan Setu kecuali Serpong Utara  akan terjadi hujan lokal. Sedangkan Serpong Utara diprediksi berawan pada pagi hari Pukul 07.00 WIB.

“Pada pukul 10.00 WIB untuk Ciputat, Pamulang, Serpong dan Setu terjadi hujan ringan. adapun wilayah Pondok Aren diprediksi hujan lokal dan Serpong Utara berawan,” katanya.

Pada pukul 13.00WIB Ciputat, Pamulang, Serpong dan Setu bakal terjadi hujan sedang sementara Pondok Aren dan Serpong Utara berawan.Untuk sore hari diprediksi sebagain wilayah akan terjadi hujan ringan pada pukul 16.00 Wib dan pukul 19.00 WIB. Malam harinya sebagian wilayah hujan lokal dan dini hari berawan  ada yang hujan lokal.

“Pagi harinya berawan sebagianb esar di semua wilayah pada pukul 07.00 WIB. untuk suhu 24-32 derajat celcius dengan kelembaban berkisar 60-90 persen,” terangnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat selalu memperhatikan informasi BMKG dalam beraktifitas.

Intensitas hujan tinggi, sejak awal Januari ini membuat kewaspadaan dini perlu ditingkatkan. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan banjir di wilayah cukup besar. Itu yang dilakukan oleh Lurah Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang Rahmat secara rutin mengadakan Jumat bersih (Jumsih) pada pagi hari.

Program Jumsih itu sudah berjalan selama bertahun-tahun yang dicanangkan oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. “Kegiatan rutin seperti biasa tapi dengan curah hujan tinggi pada Januari kami lebih memaksimalkan lagi di mana titik-titik yang dianggap rawan banjir kita kerjakan secara maksimal,” katanya.

Hal utama yang dikerjakan soal pengerukan lumpur atau tanah yang menutupi saluran air di lingkungan. Tepatnya di Jalan Pinang, RW 02, 03 dan 20. Dengan dikeruknya tanah yang menutupi saluran air diharapkan aliran air saat hujan akan lebih lancar dan tidak meluap ke permukiman warga.

“Sehingga air tetap mengalir pada jalurnya tidak ke halaman rumah warga atau ke jalan. Penyebab terjadinya genangan disebabkan jalur air tidak ada, sehingga menggenang di halaman rumah-rumah,” terangnya.

Kerjabakti bersama staf kelurahan dibantu dengan Babinsa dan Babinkantibmas dan pengurus RT/RW. Ia mengharapkan kepedulian warga soal kebersihan sangat diperlukan agar lingkungan rumah masing-masing terhindar dari banjir.

“Masyarakat harus membuang sampah secara tepat. Serta sering-sering membersihkan saluran air di depan rumah masing-masing agar tidak tertutup oleh tanah atau sampah,” tukasnya.

Saling menjaga lingkungan masing-masing adalah kunci yang tepat dalam rangka menjaga daripada potensi banjir. Jika bersih selain terbebas banjir, lingkungan lebih asri dan sehat.

“Saling mengingatkan soal kebaikan adalah satu hal yang sangat baik. Mari gerakkan bersih-beraih lingkungan dan keruk sampah di saluran air,” pintanya. (din)

 

 

Komentar Anda

comments