Forum Kota Sehat Sarankan Warga Memanen Air Hujan

Diterbitkan  Senin, 03 / 02 / 2020 21:58 - Berita Ini Sudah :  560 Dilihat

Gelar Diskusi Penanganan Banjir

SERPONG-Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tangsel menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait persoalan banjir. Kegiatan tersebut dilangsungkan di salah satu restoran di BSD, kemarin.

 Ketua Tatanan 1 FKS Divisi Permukiman dan Sarana Prasarana Sehat, Siti Chadijah mengatakan, diskusi tersebut dianggap sangat penting untuk dilaksanakan, agar masyarakat memiliki kesadaran akan bahaya banjir.

 “Persoalan banjir ini kan persoalan kita bersama, bagaimana kita mampu merawat dan menjaga lingkungan kita, rumah kita sendiri. Agar bisa meminimalisir terdampak banjir ketika hujan intesitas deras,” ujarnya.

 Chadijah juga mengatakan, dari hasil FGD tersebut ada beberapa yang dihasilkan, dan harus dijalankan secara bersama-sama dan juga melbatkan pemerintahan dalam penanganan banjir tersebut.

 “Kami melakukan pendataan terlebih dahulu, dan dari situ ada kajian komprehensif terkait curah hujan, fenomena banjir sehingga menghasilkan data empirik,” ujarnya.

 Tidak hanya itu saja, mengenai sistem penanggulangan banjir yang komprehensif dan terintegrasi, Chadijah mengatakan, FGD juga memberikan beberapa kajian yang memang harus dilaksanakan.

 “Yang pertama itu optimalisasi peran sungai dengan normalisasi dan naturalisasi, membuat sumur resapan, biopori , melakukan program memanen air hujan, dan memiliki rencana induk drainase sehingga tidak ada drainase buntu,” ungkapnya.

 Sekretaris Jendral FKS Kota Tangsel, Tarmidzi mengatakan, hal lain yang juga cukup penting dalam penanganan banjir ialah, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program memanen air hujan.

 “Ada komunitas Banyu Bening yang mengoptimalkan air hujan sehingga dapat diminum, dan ini yang kami coba dorong ada di Kota Tangsel, sehingga air hujan yang turun itu bisa kita konsumsi, dan dibuatkan semacam penampungan khusus. Dengan semua hal yang telah kami diskusikan tadi akan kami dorong ke masyarakat dan juga  ke pemerintah, sehingga kita sama-sama bisa menjaga lingkungan kita,” pungkasnya.(dra)

KOTA SEHAT.

Forum Kota Sehat Tangsel usai menggelar FGD, dan membahas terkait penanganan banjir di Tangsel.

Komentar Anda

comments