Bawaslu Perkuat Gakkumdu

Diterbitkan  Selasa, 04 / 02 / 2020 22:47 - Berita Ini Sudah :  447 Dilihat

RAKOR. Bawaslu, Kejari, dan Polres Tangsel menggelar rapat koordinasi lanjutan mengenai Gakkumdu di Pilkada Tangsel.

SERPONG-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangsel kembali memperkuat Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), untuk pengamanan pelanggaran pada Pilkada Tangsel tahun ini. Di mana dalam Gakkumdu ini tergabung Polres Tangsel, Kejari Tangsel, dan Bawaslu sendiri.

Guna memperkuat Gakkumdu dalam penanganan dugaan pelanggaran Pilkada, Bawaslu menggelar rapat Kordinasi dengan Polres Tangsel di salah satu restoran kawasan Serpong.

Tahapan proses Pilkada Bawaslu Kota Tangsel sudah dilakukan. Saat ini Bawaslu terus melakukan sinergi dengan berbagai pihak untuk memastikan keberlangsungan tahapan Pilkada.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel Muhamad Acep menjelaskan untuk mensukseskan Pilkada 2020, dibutuhkan kerjasama antar mitra kerja. Salah satunya adalah, Kejari Kota Tangsel kemudian Polres Kota Tangsel, dan Bawaslu.

“Untuk lebih memaksimalkan ini, Bawaslu juga berkeinginan memiliki gedung khusus Gakkumdu, agar jika ada pelanggaran yang dilakukan bisa fokus diselesaikan,” kata dia.

Kordiv Penindakan Pelanggaran, Ahmad Jajuli menjelaskan jika dalam rapat kerja tersebut ada beberapa hal yang dibahas dan diberitahukan kepada Panwascam. Salah satunya adalah pelanggaran apa saja yang rawan dilakukan oleh calon Walikota dan Wakil Walikota.

Hal tersebut juga disepakati oleh Korwil Kota Tangsel Bawaslu Provinsi Banten. Badrul Munir, jika ada perbedaan mencolok antara dasar hukum Pemilu 2019 dengan Pilkada 2020 mendatang.

“Dengan adanya rapat kerja ini, bisa menyamakan presespsi baik dari Bawaslu, Kejari sampai dengan Polres Kota Tangsel,” ujarnya

Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan menjelaskan bahwa pengamanan yang dilakukan oleh Polres Kota Tangerang Selatan sudah dilakukan. Dirinya sepakat jika pengawasan harus dilakukan dengan baik. Tantangan Pilkada akan lebih besar dibandingkan dengan Pemilu.

“Kami juga mengajak mas­yarakat bersama-sama untuk menjaga kondusifitas Pilkada Tangsel. Bersama kita jaga kota tercinta ini,” ujarnya.

Kepala Kejari Tangsel Nur Elina Sari menegaskan dengan bersinergi dengan Bawaslu dam Polres Tangsel maka Pilkada Tangsel tahun ini akan lebih matang. Dan proses tahapannya pun jauh lebih lancar.

“Dengan sinergi ini tentunya, jika ada dugaan pelanggaran akan jauh lebih mudah lagi dalam penanganannya dan kami serius untuk menegaskan keadilan pada Pilkada tahun ini,” pungkasnya. (dra)

Komentar Anda

comments