KAI Banten Gelar Ujian Kompetensi Dasar Advokat

Diterbitkan  Minggu, 01 / 03 / 2020 22:06 - Berita Ini Sudah :  457 Dilihat

SERPONG-Puluhan peserta advokat muda tengah mengikuti uji komptensi dasar profesi advokat, yang diselenggarakan oleh Kongres Advokat Indonesia (KAI) Provinsi Banten, Sabtu (29/2) di Serpong.

Ujian Komptensi menjadi sangat penting, karena ujian ini menjadi  dasar langkah awal advokat agar dapat menyelesaikan berbagai perkara. Baik perkara pidana maupun perkara perdata, sesuai bidangnya masing-masing.

Ketua DPD KAI Provinsi Banten, Zakaria S Manambe mengatakan, ujian kompetensi profesi advokat, sudah sesuai dengan Undang-Undang nomor 18 tahun 2003 Tentang Advokat.

“Yang menjadi advokat, syaratnya harus mengikuti uji kompetensi dasar advokat dulu. Ini merupakan syarat mutlak, bagi advokat,” ujarnya.          

Ujian dasar bagi advokat dilakukan secara tertulis dan tes wawancara. Setidaknya ada 100 soal yang harus dilalui para advokat agar dapat lulus uji kompetensi dasar tersebut.

“Hari ini ujiannya ada dua jenis, ujian tertulis, mereka harus menjawab 100 soal dan kedua ujian wawancara yang dilakukan oleh vice presiden KAI,” ungkapnya.

Menurutnya, setelah mengikuti ujian dasar kompetensi advokat, kemudian dilanjutkan dengan pendidikan profesi advokat selama kurang lebih tiga bulan. Bagi mereka yang lulus memenuhi syarat, maka akan diajukan sumpah jabatan yang berlangsung di pengadilan tinggi sesuai domisili masing-masing.

“Jadi advokat berdomisili di wilayah hukum pengadilan tinggi Banten, sumpahnya di pengadilan tinggi Banten. Kalau dia dari Jawa Timur, sumpahnya di pengadilan tinggi Jawa Timur, yang dari DKI Jakarta, sumpahnya di pengadilan tinggi Jakarta, begitu seterusnya,” bebernya.

Zakaria pun berharap para peserta yang lulus mengikuti ujian kompetensi dasar, agar mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan khusus profesi advokat.

“Saya berharap bagi yang belum magang, agar melakukan magang. Dan yang sudah magang, berarti harus siap di sumpah di pengadilan tinggi Banten,” katanya.

Ketua penyelenggara ujian kompetensi dasar advokat, Siti Handayani Herdianti mengatakan, ujian kompetensi yang diadakan DPD KAI Provinsi Banten, merupakan yang pertama diadakan di Banten dan diikuti oleh 25 peserta dari Provinsi Banten, Bogor, DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

“Jadi dari ujian kompetensi ini, ke depannya akan lahir advokat-advokat yang handal khususnya untuk provinsi Banten. Karena kan persaingan advokat saat ini sangat ketat, makanya KAI Banten sejak jauh hari harus mempersiapkan itu,” ujpungkasnya. (dra)

UJI KOMPETTENSI. Peserta ujian kompetensi dasar advokat usai ikuti ujian tertulis dan wawancara oleh DPD KAI Banten.

Komentar Anda

comments