PT IKPP Tangerang Sabet Penghargaan P2K3 dan Zero Accident

Diterbitkan  Minggu, 01 / 03 / 2020 22:04 - Berita Ini Sudah :  468 Dilihat

Empat Tahun Berturut-turut

Penghargaan. Head of Sustainability PT IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin (ujung kiri) membawa penghargaan K3 Tahun 2020.

SERPONG UTARA-Pemprov Banten  menganugerahi Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2020. Penghargaan K3 ini bertujuan untuk memotivasi perusahaan, pemerintah daerah, dan pekerja dalam mengimplementasikan K3.

Salah satu perusahaan yang meraih penghargaan yakni PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang Tbk. Perusahaan yang memproduksi kertas tersebut meraih penghargaan kategori Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) dan Zero Accident. Penghargaan ini diberikan langsung Gubernur Banten Wahidin Halim di Pendopo Gubernur KP3B, Kota Serang, baru-baru ini.

Head of Sustainability PT IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin mengatakan penghargaan yang diterima sebagai apresiasi pemerintah daerah atas keberhasilan penerapan K3. Tahun ini merupakan tahun keempat secara bersamaan kedua penghargaan tersebut diraihnya. “Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, penghargaan ini yang keempat kalinya kita terima,” katanya.

Menurutnya, penghargaan yang telah diberikan Pemprov Banten menjadi motivasi perusahaan untuk meningkatkan kinerja. “Upaya tersebut sudah memperlihatkan hasil di mana perusahaan kita berkomitmen dalam penerapan K3 dan mempertahankan kembali nihil kecelakaan kerja setiap tahun,” ucapnya.

Sementara Gubernur Banten Wahidin Halim disela pemberian penghargaan kepada perusahaan yang berkomitmen mengedepankan K3 meminta agar dunia usaha tidak menjadikan masalah K3 sebagai beban bagi perusahaannya. K3 justru merupakan investasi sangat baik agar produktivitas perusahaan bisa terus dijaga dan ditingkatkan serta penerapan K3 di tempat-tempat kerja bisa semakin  dioptimalkan.

“K3 dilakukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Serta menjamin tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja mendapat perlindungan atas keselamatannya,” ucapnya.

Lanjutnya dengan penerapan K3 hasil dari produksi perusahaan memiliki kualitas yang diharapkan sehingga masyarakat sebagai pengguna merasa aman. Perusahaan yang mengedepankan K3 pastinya menyadari bahwa K3 adalah kebutuhan mendasar untuk melindungi keselamatan dan kesehatan para pekerja dalam menjalankan pekerjaannya. Melalui upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang ada di lingkungan tempat kerjanya.

“Pelaksanaan K3 menjamin setiap sumber produksi dapat dipakai dan dipergunakan secara aman dan efisien dan menjamin bahwa proses produksi dapat berjalan lancar di perusahaan,” tandasnya.

Pemerintah Provinsi Banten berkomitmen akan terus mendorong perusahaan-perusahaan untuk menerapkan K3 dan menjadikan K3 sebagai budaya untuk dapat meningkatkan produktifitas perusahaan.“Kami juga berharap perusahaan secara bersungguh-sungguh memperhatikan K3, sehingga mampu meningkatkan aspek perlindungan pekerja, mutu kerja dan produktifitas,” pesannya. (din)

Komentar Anda

comments