Kesra Gelontorkan Rp 14,6 Miliar Dari 64 Lembaga Hanya 32 Yang Dapat Dana Hibah

Diterbitkan  Selasa, 03 / 03 / 2020 22:21 - Berita Ini Sudah :  395 Dilihat

CIPUTAT-Pemerintah Kota Tangsel melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Tangsel memberikan bantuan dana hibah kepada 32 kepada lembaga organisasi atau kelompok masyarakat yang ada di Tangsel.

Kepala Bagian Kesra Pemkot Tangsel, Heli Slamet menjelaskan, pemberian bantuan ini didasarkan pada proposal pengajuan dari masing-masing kelembagaan yang mengajukan. Di tahun ini ada 64 lembaga yang mengajukan dana hibah, namun sayangnya setelah dilihat dari kelengkapan berkas dan lainnya hanya 32 yang dapat diberikan bantuan dana hibah tersebut.

Jumlah lembaga yang menerima dana hibah ini meningkat dari 2019. Dimana sebelumnya hanya 15 lembaga yang mendapatkannya. Tentunya dengan bertambahnya jumlah lembaga, pun berefek pada meningkatnya total anggaran hibah.

“Untuk dana hibah 2020, total untuk 32 lembaga sebesar Rp 14,677 miliar. Sementara 2019 dana hibah 15 lembaga dengan nilai Rp 13.250.000,” ujar Heli.

Menurut Heli, jumlah pemberian hibah berbeda pada setiap lembaga. Karena kebutuhan dan program yang diajukan juga berbeda. Sehingga pemerintah melakukan penyesuaian tersebut. Sementara, bagi yang menerima pun harus memenuhi persyaratan yang harus dilengkapi dengan penetapan Kemenkumham.

Dia menambahkan, adapun lembaga yang tidak mendapatkan hibah tersebut tidak memenuhi kriteria. Misalnya kantor operasional yang terletak di luar Tangsel. Sampai dengan beberapa persyaratan yang kurang membuat lembaga tersebut tidak lolos dalam mendapatkan anggaran hibah.

Adapun beberapa lembaga yang mendapatkan dana hibah, yaitu MUI, Baznas dan lainnya. Sementara dalam pengajuan tersebut juga ada beberapa penbangunan masjid sebagai rumah ibadah di beberapa titik di Kota Tangsel.

“Untuk tahun ini untuk masjid dan mushola cukup dengan pengesahan pengurus oleh Kemenag,” ujar Heli.

Sementara saat ini pemerintah sedang melakukan proses percepatan dalam pembuatan naskah NPHD nya sehingga anggaran tersebut bisa segera direalisasikan sebagaimana kebutuhan masyarakat.(irm)

Komentar Anda

comments