Kecamatan Ciputat Timur Berbagi Ilmu dengan Pelaku UKM

Diterbitkan  Senin, 09 / 03 / 2020 21:06 - Berita Ini Sudah :  215 Dilihat

Sosialisasi.
Camat Ciputat Timur Sutang Suprianto tengah memberikan pengarahan kepada para peserta didampingi, Kabid Pembiayaan dan Peningkatan Usaha Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Asep Saripudin (dua dari kiri) dan Kasi Ekonomi dan Pembangunan  Kecamatan Ciputat Timur Yanah Rosyanah (ujung kiri).

CIPUTAT TIMUR-Kecamatan Ciputat Timur melatih sebanyak 130 orang dalam pengembangan UKM di lingkungan. Kegiatan ini dilakukan melalui fasilitasi dan sosialisasi kebijakan tentang usaha kecil menengah.

Berlangsung di Aula Kecamatan Ciputat Timur turut dihadiri Camat Ciputat Timur Sutang Suprianto, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Ciputat Timur Yanah Rosyanah dan para narasumber lainnya. Acara berjalan dengan lancar yang dihadiri perwakilan dari seluruh kelurahan se Kecamatan Ciputat Timur.

Camat Ciputat Timur Sutang Suprianto menyampaikan, dalam rangka meningkatkan ekonomi di wilayah maka perlu diberikan pembekalan baik melalui pengetahuan dan kebijakan-kebijakan. Oleh sebab itu kecamatan mengundang ratusan orang untuk bersama-sama belajar bagaimana cara mengembangkan usaha yang telah ditekuni atau baru mau ditekuni oleh masyarakat. 

“Maka dari itu melalui bagian Ekonomi Pembangunan atau Ekbang Kecamatan Ciputat Timur diadakan kegiatan seperti ini tujuanya supaya dapat meningkatkan  kualitas pelaku UKM yang ada di wilayah Ciputat Timur, ” katanya dengan semangat.

Dirinya mendorong akan banyak warga yang menggeluti usaha secara mandiri dan tergabung dalam UKM. Jika pelaku UKM di wilayah semakin banyak, itu tanda bahwa ekonomi masyarakat menggeliat. Dengan tumbuhnya ekonomi maka kemiskinan dapat berkurang dan kualitas hidup tandanya seirama akan beriringan.

“Aspeknya cukup luas apabila UKM berkembang dengan pesat. Kuncinya bagaimana masyarakat mau bersusah payah dengan harapan bisa lebih mandiri dan bisa membantu ekonomi keluarga. Kehadiran UKM sangat dinanti dalam perekonomian nasional, karena mampu menopang secara makro,” tambah ia.

Hal yang sama disampaikan oleh Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Ciputat Timur Yanah Rosyanah di mana era saat ini pertumbuhan UKM begitu pesat. Hal ini didorong dengan munculnya internet. Saat ini orang berbelanja tak perlu harus keluar rumah atau ke mall. Cukup di rumah barang bisa sampai dengan cepat.

“Inilah kondisi di mana masyarakat bisa bersaing memanfaatkan momentum bagus melalui internet. Dan yang begitu berkembang dengan pesat adalah pelaku UKM. Oleh sebab itu diharapkan para peserta yang ikut dapat mengembangkan usahanya,” harap ia.

Hadir sebagai narasumber, Kabid Pembiayaan dan Peningkatan Usaha Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Asep Saripudin. Dia menambahkan, program pemerintah Kota Tangsel untuk mencetak sebanyak-banyaknya koperasi. Di dalam koperasi terdapat para UMKM yang dapat mengembangkan usahanya.

“Maka diharapkan para hadirin bisa memanfaatkan momentum saat ini dengan memanfaatkan fasilitas internet, serta aktif di dalam koperasi untuk memperluas jaringan usahanya,” pintanya.(din)

Komentar Anda

comments