Airin: OPD Wajib Rampungkan RPJMD

Diterbitkan  Senin, 16 / 03 / 2020 23:20 - Berita Ini Sudah :  515 Dilihat

FORUM OPD. Walikota Tangerang Selatan menghadiri Kegiatan Forum OPD / Gabungan Perangkat Daerah Tahun 2020 bertempat di Aula Puspem Lt.4 Jalan Maruga Raya no 1 Serua, Ciputat. Senin (16/3).

CIPUTAT-Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany meminta kepada seluruh OPD agar merampungkan RPJMD yang sudah ditetapkan. Permintaan itu disampaikan olehnya pada saat Forum OPD Bappeda dan Inspektorat Kota Tangerang Selatan di Puspemkot Tangsel, Ciputat, Senin (16/3).

Menurut Airin, di sisa ke­pe­mim­pinannya ini, dirinya ingin memastikan bahwa rencana kerja yang dulu dia tetapkan pada saat menjadi walikota Tangsel. Jika memang belum mencapai target pembangunan, maka Airin meminta kepada seluruh pimpinan OPD untuk fokus.

”Jadi, coba, sudah 90 persen belum realisasi RPJMDnya bisa difokuskan agar pekerjaannya segera rampung,” ujar Airin dalam Forum tersebut.

Airin menjelaskan, semua RPJMD yang dia tentukan tersebut merupakan kumpulan dari semua usulan masyarakat yang dimasukan ke dalam F1. Sehingga bagi yang sudah merealisasikan RPJMD, agar bisa mulai melakukan pendataan terkait dengan prioritas F2.

Sementara Asisten Daerah I Pemkot Tangsel, Rahmat Salam menjelaskan bahwa untuk RPJMD 2021 nanti, sudah ditetapkan ada 12 usulan. Dengan 21 program dan 22 sub program. Semuanya memiliki fokus pembangunan daerah dimana yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

”Semuanya sudah dikaji secara detail. Dengan pembahasan yang insya Allah memiliki fokus terhadap pendidikan, kepegawaian, perencanaan, sosial dan kesehatan,” ujar Rahmat Salam dalam acara tersebut.

Sementara, Kepala Inspektorat Kota Tangsel, Uus Kusnadi menyampaikan bahwa seperti apa yang disampaikan Walikota Tangsel Airin Rachmi Dianya bahwa RPJMD di tahun 2020 sampai dengan 2021 ini akan fokus terhadap seluruh program yang belum berakhir atau belum direalisasikan.

”Khusus tahun 2021, itu kita akan fokus merealisasikan seluruh program RPJMD, sehingga semua usul yang sudah didata melalui RPJMD akan diprioritaskan,” ujar Uus.

Namun, kata dia, adapun program lain yang tidak termasuk RPJMD tetap akan dilakukan namun ketika program prioritas sudah dilakukan. Sehingga diharapkan kepada masyarakat agar bisa berpartisipasi dalam proses pembangunan daerah yang sudah disusun melalui RPJMD ini.

Begitu juga yang dikatakan oleh Kepala Bappeda Kota Tangsel, Eky Hadiana menjelaskan bahwa prioritas yang dilakukan pada 2021 adalah program yang sudah direncanakan dan disusun dalam RPJMD.(irm)

Komentar Anda

comments