Puskeswan Tangsel Lakukan Social Distancing

Diterbitkan  Senin, 23 / 03 / 2020 21:31 - Berita Ini Sudah :  432 Dilihat

Pemeriksaan Dibatasi Hanya 10 Hewan Per Hari

Beberapa orang sedang menunggu pemeriksaan hewan kesayangan di UPT Puskeswan Tangsel, Ciputat, Kemarin.

CIPUTAT-Ditengah kasus Covid-19,Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) kota Tangerang Selatan (Tangsel) tetap melayani, namun untuk antrian jumlahnya dibatasi hanya 10 hewan dari biasanya yakni 30 hewan.

Kepala UPT Puskeswan Tangsel, Pipit Surya Yanuar, menjelaskan, dalam men­cegah penyebaran virus covid-19 dan menjalankan social distancing, Puskeswan membatasi jumlah pengunjung dan hanya menerima pasien hewan yang urgent.

“Mulai Senin (23/3), Puskeswan Tangsel membatasi jumlah pasien dan hanya menerima pasien hewan yang urgent, ini dilakukan guna mengurangi berkumpulnya orang dalam satu lokasi,”ungkapnya.

Untuk pelayanan, Pipit menjelaskan hanya melayani seperti pendarahan, kesulitan lahir, dehidrasi parah, ke­hilangan kesadaran. Sementara untuk pasien hewan check up, peme­riksaan kebuntingan dan vaksin ditang­guhkan.

Sementara itu, Pipit pun menjelaskan, pembatasan ini untuk melindungi pemilik hewan dan pelayanan Puskeswan dalam mencegah covid-19.

Untuk hewan, Pipit  memastikan hewan peliharaan tidak menularkan virus corona (covid-19).

Sebab, virus corona yang menyerang hewan peliharaan berbeda dengan virus corona-19 (covid-19) yang menyerang manusia.

“Virus corona hewan berjenis alpha corona,  menyerang saluran pencernaan. Sedangkan virus corona-19 menyerang saluran pernapasan,” ujarnya

Untuk memastikan kesehatan hewan, Wiwin menganjurkan agar masyarakat memberikan vaksinasi pada hewan peliharaannya.

Atau, memeriksakan secara intensif apabila hewan peliharaannya menunjukan gejala sakit(irm)

Komentar Anda

comments