Satpol PP Gencar Lakukan Penertiban Kerumunan

Diterbitkan  Senin, 27 / 04 / 2020 20:29 - Berita Ini Sudah :  638 Dilihat

KELILING. Satpol PP Tangsel keliling meninjau lokasi keramaian dan melakukan penertiban dalam Masa PSBB di Kota Tangsel

PAMULANG-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) gencar melakukan penertiban dan pemantauan terhadap pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tangerang Selatan. Khususnya dititik kerumunan.

Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Tangsel Muksin Al Fachry menyebut, monitoring tersebut dilakukan guna memastikan dan menghindari adanya kerumunan orang di suatu tempat, selama masa PSBB ini berlangsung.

“Kami dari Satuan Polisi Pamong Praja sejak diberlakukannya PSBB, setiap hari melakukan monitoring untuk melakukan imbauan kepada masyarakat dan tindakan bagi yang melanggar,” ucap Muksin saat melakukan pemantauan di wilayah Kecamatan Pamulang.

Pemantauan menggunakan sejumlah mobil operasional yang dilengkapi sirine dan suara imbauan, mereka menyisir tempat demi tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang.

Sesekali jika dilihat ada kerumunan warga, jajaran berseragam coklat itu pun turun, dan menghampiri sejumlah tempat keramaian tersebut, seperti pada warung makan, warung kopi, dan tempat serupa lainnya.

“Bagi konsumen yang sedang makan (di tempat makan atau tidak dibawa pulang), kami sarankan untuk selanjutnya tidak lagi makan di tempat. Bagi pedagangnya kami imbau untuk tidak melayani makan di tempat, dan apabila bandel akan kami tutup,” tegas Muksin.

Bahkan, kata Muksin, selain pembubaran massa, jika imbauan masih ada yang tak mengindahkannya, maka pihaknya pun tak segan melakukan penyegelan pada tempat tersebut.

“Apabila ada kegaiatan yang sudah kami imbau tapi masih membandel, dan ternyata ada bentuk pelanggaran lain, seperti adanya pelanggaran pada Perda, maka langsung kami lakukan penyegelan,” tegasnya.

“Contohnya seperti pelanggaran pada Perda tentang telekominikasi dan informasi, penyelenggaraan warnet,” imbuhnya.

Ia menuturkan, demi kelancaran dan keberhasilan PSBB, jajaran Satpol PP akan terus melaksanakan monitoring ini setiap hari. 

“Tanpa hari libur. Monitoring kami lakukan dalam beberapa tim, ada tim yang bergerak pagi hari sampai siang, dan tim yang bergerak dari sore hingga malam hari seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Muksin, selain monitoring, pihaknya pun membagi beberapa tim yang bertugas pada fungsi lainnya.

“Adapun anggota Satpol PP memang terbagi menjadi beberapa penugasan. Ada yang bertugas di check point, ada yang bertugas di posko Gugus Tugas COVID-19, ada yang bertugas di posko Rumah Lawan COVID-19, ada yang bertugas di pengamanan makam, dan ada  tim semprot desinfektan,” pungkasnya.(irm)

Komentar Anda

comments