Kirimkan 118 Orang Ikuti SKPP

Diterbitkan  Selasa, 05 / 05 / 2020 21:20 - Berita Ini Sudah :  1038 Dilihat

Bawaslu Terus Berikan Pendidikan Politik

SERPONG-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI terus melakukan terobosan untuk melibatkan partisipasi masyarakat. Terutama dalam hal pengawasan di Pilkada serentak tahun ini.

Kali ini, dengan program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP), Bawaslu RI memberikan pendidikan kepada masyarakat untuk ikut serta bersama melakukan pengawasan secara partisipatif.

Bawaslu Tangsel sendiri mengirimkan 118 perwakilan masyarakat untuk ikut serta dalam pendidikan, yang berlangsung sampai 30 Mei nanti.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel, Muhamad Acep mengatakan, SKPP merupakan terobosan baru dari bawaslu  di tengah mewabahnya Covid-19 atau virus Corona.

“Bawaslu tetap melaksankan fungsinya dengan memberikan pendidikan politik dalam hal pengawasan pemilu, dan pilkada kepada masyarakat. Sehingga nanti terwujudlah cita-cita masyarakat Madani yang selaras dengan tagline Bawaslu yaitu, bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakan keadilan pemilu,” ujarnya.

Lanjut anggota Bawaslu Kota Tangsel yang menangani program ini, Slamet Santosa mengatakan, materi pendidikan yang diberikan kepada seluruh peserta  seperti tentang pengawasan pemilu dan juga aturan-aturan Pilkada.

Sehingga dengan seluruh materi kepemiluan yang diberikan kepada para peserta diharapkan akan menjadi modal dasar bagi masyarakat untuk ikut serta melakukan pengawasan.

“Seperti yang kita harapkan adanya pengawasan partisipatif dari masyarakat. Untuk melakukan pengawasan itu tentunya masyarakat harus paham seluruh aturannya. Makanya materi ini diberikan kepada seluruh peserta,” paparnya.

Dengan pendidikan diharapkan seluruh peserta dapat memberikan pengetahuan dan pengalamannya kepada lingkungan. Sehingga pengawasan partisipatif akan jauh lebih meluas ke seluruh lingkungan Tangsel.

“Kita juga berharap agar masyarakat yang ikut program SKPP ini dapat memberikan pengetahuannya kepada masyarakat sekitarnya. Artinya kami berharap seluruhnya ikut ber partisipatif untuk menyukseskan Pilkada Tangsel,” pungkasnya. (dra).

Komentar Anda

comments