Pemkot Siapkan Satu Hektar Lahan Pemakaman Covid di Jombang

Diterbitkan  Selasa, 05 / 05 / 2020 21:31 - Berita Ini Sudah :  1394 Dilihat

(PEMAKAMAN. Petugas pemakaman jombang sedang melakukan proses pemakaman pasien covid di TPU Jombang)

JOMBANG – Pemerintah Kota Tangsel siapkan satu hektar tanah sebagai TPU khusus pasien Covid-19. Tanah tersebut terletak di Kelurahan Jombang Kecamatan Ciputat,Kota Tangsel.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Tangsel Ade Suprizal menjelaskan bahwa dari satu hektar tersebut sudah ditempati 80 jenazah baik dari kalangan OPD, DPD dan positif. Yang mana dimakamkan sesuai dengan SOP Kementerian Kesehatan.

Ade menambahkan, kepengurusan makam sudah ditentukan oleh Pemkot. Mulai dari proses pemakaman, kelengkapan jenazah sampai dengan pengurus TPU. Semua yang berkontribusi dalam proses pemakaman sudah melalui tahap prosedural.

“Untuk pengurus TPU nya sendiri tidak boleh asal. Kami sudah menyiapkan dari dinas terkait sehingga sudah memenuhi SOP yang dibutuhkan,” kata Ade ketika dimintai keterangan.

Ditambahkan bahwa Jombang dipilih sebagai lokasi makam dikarenakan letaknya strategis dan jauh dari pemukiman. “Ada sih pemukiman tapi tidak banyak. Hanya ada dua RT di sana,” kata Ade.

Sementara Ade menegaskan bahwa akses pemakaman ODP, PDP dan pasien positif Covid-19 ini tidak dipungut biaya. Sehingga jika masyarakat suatu saat dimintai uang oleh pengurus agar bisa segera melaporkan ke pemerintah kota.

Kepala Seksi Pemakaman Dinas Perkimta Kota Tangerang Selatan, Nazmudin,menjelaskan Pemkot menyediakan 2 hektar namun yang siap baru 1 hektar, dan lainnya sedang dalam proses.

Selain itu Nazmudin juga memberitahukan bahwa pengurus TPU akan mendapatkan intensif pada saat memakamkan pasien yang terdampak Covid-19. “Melihat anggaran, setiap satu lubang dianggarkan Rp 1 juta,” kata dia.

Sedangkan petugas makam ada 9 orang. “Setiap lubang biasanya dikerjakan 4-5 orang dan setiap lubang nominalnya Rp 1 juta dan akan diberikan setiap Sabtu, atau seminggu sekali untuk mereka,”jelasnya.

Dia menjelaskan dari 1 hektar luas tanah, yang sudah digunakan untuk makam penderita covid sebanyak 80 makam. (irm)

Komentar Anda

comments