Peringati Hardiknas Dema FITK UIN Jakarta Gelar Dialog Pendidikan Online

Diterbitkan  Selasa, 05 / 05 / 2020 21:19 - Berita Ini Sudah :  342 Dilihat

CIPUTAT TIMUR-Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  bakal menggelar dialog pendidikan secara online.

Ketua Dema FITK Thoriq Majid menjelaskan dialog dapat melalui aplikasi Google Meet dan Zoom Cloud meeting sebanyak empat sesi pada Mei ini. Dalam Dialog tersebut akan dihadirkan ahli pendidikan, politik, dan ahli agama. “Acara ini akan dilaksanakan setiap pukul 13.00 WIB selama empat hari dengan empat sesi,” ujarny melalu pesan singkatnya kepada Media, Senin (4/5).

Sesi satu, dilaksanakan pada Selasa, (5/5) dengan tema “Efektifkah E-Learning Sebagai Solusi”.  Pemateri Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia dan Founder Homeschooling Dr Seto Mulyadi (Kak Seto). Dilanjutkan oleh Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris FITK dan Founder Academic Consultant and Training (ACT) Didin Nuruddin.

Sesi kedua Jumat, (8/5) mengangkat tema “Pandemi Covid-19 Memicu Fenomena Letergi: Apa Peran Pendidikan di Era Revolusi 4.0 Mengatasinya”. Akan disampaikan oleh Pendiri Inovator 4.0 Indonesia Budiman Sudjatmiko dan CEO KlikCoaching sekaligus Peneliti Utama Arus Survei Indonesia, Budi Sugandi dan dilanjutkan oleh dosen Pendidikan IPA FITK dan juga Ahli Artificial Intelligence, Dr Baiq Susanti.

“Hadirnya mereka diharapkan bisa memberikan pencerahan akan peran pendidikan saat situasi seperti ini,” imbuh Thoriq.

Untuk aesi ketiga Rabu, (13/5)  mengusung tema “Pendidikan Berbasis Islam dan Cinta”. Sesi ini, akan disampaikan Dekan FITK Dr Sururin,  Tokoh Muslim Milenial Habib Hussein Jafar Al Haddar dan dai milenial Romzi Ahmad. Adapun sesi terakhir akan digelar pada Selasa, (19/5) dengan tema “Era Baru Pendidikan Indonesia: Perlukan Inovasi Kurikulum Pasca Pandemi”.  Bersama Founder Semua Murid Semua Guru dan Aktivis bidang pendidikan, Najella Shihab dilanjutkan oleh pakar kurikulum pendidikan yang merupakan dosen PAI FITK M Zuhdi MEd. Dalam hal ini Dema FITK memfasilitasi mahasiswa dan akademisi untuk terus menambah ilmu dan pengetahuan.

“Di situasi pandemi ini, semua kegiatan dilakukan di rumah, membuat kita semua kebingungan untuk mencari kegiatan-kegiatan positif yang mampu memberikan manfaat,”  tandasnya.

Sehingga, mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester akhir ini, kegiatan seminar online yang diselenggarakan sebagai bentuk refleksi dari Hari Pendidikan Nasional ini bertujuan untuk memfasilitasi para mahasiswa dan seluruh akademisi untuk terus menambah ilmu dan pengetahuan.

“Harapan kami dengan acara ini, akan memberikan sumbangsih besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menambah inovasi untuk pendidikan di Indonesia, pungkasnya mengakhiri pesan singkatnya,” tutupnya. (din/rls).

Komentar Anda

comments