Kemenag Kota Tangsel Siap Gunakan Sisumaker

Diterbitkan  Rabu, 03 / 06 / 2020 21:20 - Berita Ini Sudah :  1189 Dilihat

(Sosialisasi -Kepala Kantor Kemeneg Kota Tangsel Abdul Rojak depan kanan saat sosialisasi Sisumaker.)

SERPONG-Aplikasi tata persuratan secara elektronik,  Sistem Surat Masuk dan Surat Keluar ( Sisumaker) bakal diterapkan di lingkungan Kemenag Kota Tangsel. Berlangsung Aula Kemenag baru-baru ini.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, dan diikuti oleh para kasi, staf kepegawaian, staf umum, dan para administrator dari tiap-tiap seksi. Dalam  kesempatan itu  dilakukan simulasi penggunaan aplikasi Sisumaker dipandu oleh Narasumber Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian Pemkot Tangsel, Syaiful Bachri dan Kasi Aplikasi dan Integrasi Sistem Informasi, Bagus Gede Arta Perdana.

Kepala Kantor dalam sambutannya mengatakan tata kelola persuratan merupakan salah satu unsur administrasi berupa pengaturan surat masuk, surat keluar, nota dinas, serta disposisi yang memiliki peran penting dalam mendukung maju atau mundurnya suatu organisasi.

“Selama ini pengelolaan persuratan masih dilakukan secara manual sehingga dalam proses pelaksanaanya muncul sejumlah permasalahan, antara lain proses distribusi yang cenderung lambat bahkan surat tersebut tercecar dan hilang dalam tumpukan dokumen lain,” ujarnya

Dirinya  berharap dengan menggunakan aplikasi Sisumaker akan memudahkan pemantauan terhadap keberadaan suatu surat untuk ditindaklanjuti secara efektif dan efisien serta menuju paper less.

Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian Pemkot Tangsel, Syaiful Bachri, menuturkan penggunaan aplikasi Sisumaker adalah upaya dalam memperlancar birokrasi, apalagi di era keterbukaan dan teknologi informasi.

“Aplikasi Sisumaker sangat user friendly, bahkan lebih mudah daripada Email atau Facebook,” ujarnya seraya memberi motivasi kepada seluruh peserta.

Aplikasi Sisumaker ini akan mulai diterapkan di kantor Kemenag Tangsel pada awal Juni 2020.

“Ini merupakan salah satu aksi perubahan yang dilakukan kantor Kemenag Tangsel berkolaborasi dengan Diskominfo kota Tangsel. Insya Allah jika ini sudah berjalan, kita akan melakukan terobosan yang lain lagi,” tutup Kepala Kantor. (rls).

Komentar Anda

comments