Fakultas Ekonomi UNPAM Tanam Ratusan Pohon Pucuk Merah di Bukit Cirendeu

Diterbitkan  Selasa, 09 / 06 / 2020 22:14 - Berita Ini Sudah :  1350 Dilihat

PAMULANG-Fakultas Ekonomi Prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) bekerjasama dengan RW 016 Perumahan Bukit Cirendeu Kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangsel. Kerjasama iniĀ  dalam bentuk menanam pohon pucuk merah di lingkungan Perumahan Bukit Cirendeu.

Koordinator Kegiatan PKM, DR. Dewi Gunherani mengatakan Kegiatan penanaman 250 pohon pucuk merah di RW 016 Bukit Indah Cirendeu merupakan program Fakultas Ekonomi prodi  Akuntansi Universitas Pamulang. Ini  sebagai bentuk salah satu implementasi  tri darma perguruan tinggi bidang pengabdian kepada masyarakat.

“Periode pelaksanaanya mulai 2 maret sampai dengan 1 Juli 2020 yang di bagi menjadi 3 kelompok untuk aksi penanaman pohon. Setiap kelompok memiliki tema berbeda yang di sampaikan ke masyarakat dalam bentuk sosialisasi. Kelompok pertama megangkat tema “Bergerak Bersama UNPAM Mewujudkan Lingkungan Asri Bernilai Ekonomis di Bukit Cirendeu Pisangan Ciputat Timur Tangerang Selatan,”katanya.

 Kelompok kedua mengangkat tema “Pohon Juga Sama Berharganya Dengan Uang oleh Karena itu Hijaukan Kembali Bumi Demi Masa dmDepan Kita,”.  Kelompok ketiga yang diketuai oleh  Moh Yuddy Yuda Wirawan mengangkat tema “Menjaga Bumi Kita Dengan Cara Menanam Pohon dan Cinta Hutan, Menghemat Penggunaan Air, Menghemat Tenaga Listrik, Mengurangi Pemakaian Barang Plastik, dan Pengurangan Penggunaan Bahan Bakar.

Ketua Kelompok 3 Moh Yuddy  menjelaskan  PKM dalam rangka menciptakan lingkungan yang asri bernilai ekonomis, akan dilaksanakan bersama-sama menanam 250 batang pohon pucuk merah. Serta penyuluhan peduli lingkungan dengan target audience sebanyak 80 orang. Di mana  terdiri dari penghuni Yayasan Khasana Kebajikan dan penghuni Yayasan Pondok Sakinah (Mahasiswa, SLTA, SMP dan SD) serta warga Bukit Cirendeu. Di dampingi  RT 01 hingga 06, RW 016 Bukit Cirendeu yang mana kegiatan ceremony  atas kegiatan dilaksanakan pada 22 maret 2020. Sikarenakan kondisi pandemi Covid-19 maka kegiatan ceremony di laksanakan pada tanggal 7 Juni 2020. 

“Sesuai dengan protokol kesehatan bertempat di Balai Warga RW 016 Bukit Cirendeu. Sedangkan untuk penanaman pohon telah dilaksanakan sesuai dengan rentang waktu periode pelaksanaan,” katanya.

Manfaat dilakukannya kegiatan ini terhindar dari ancaman banjir dan polusi. Terhindar dari penyakit menular. Lingkungan menjadi lebih rapi dan nyaman untuk di tempati. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, memelihara kerukunan antar tetangga.

Bentuk kerjasama  sharing pembiayaan dan tenaga mengelola lingkungan dan menanam pohon pucuk merah sebanyak 130 batang

berada di Yayasan Khasanah Kebajikan atas beban lima dosen yang melakukan PKM dari Universitas Pamulang.

“120 pohon berada di wilayah RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 04 menjadi beban RW 016. Yang mana penanaman pohon dilakukan oleh dosen, Mahasiswa UNPAM dan warga lainnya penghuni Yayasan Khasanah Kebajikan dan Yayasan Pondok Sakinah.  Bersama warga Bukit Cirendeu di bawah koordinasi RW 016 di bantu pengusur RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 04. (din).

Komentar Anda

comments