Ikatan Keluarga Minang Periode 2020-2025 Dikukuhkan

Diterbitkan  Minggu, 26 / 07 / 2020 21:26 - Berita Ini Sudah :  325 Dilihat

Anafrizal Jadi Ketua Umum

(Pengukuhan. Ketua IKM Tangsel Anafrizal (lima dari kiri) Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie dan Mantan Mensos Bachtiar Chamsah.)

SERPONG-Ikatan Keluarga Minang (IKM) periode 2020-2025 secara resmi telah dikukuhkan pada Sabtu (25/7) bertempat di Swiss BellHotel Intermark, BSD, Serpong. Pengukuhan dihadiri Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie.

Ketua Umum IKM Kota Tangsel, Anafrizal menegaskan capaian yang akan dilakukan lima tahun ke depan adalah bagaimana organisasi IKM ini maju. Capain itu tertuang dalam visi dan misi dengan dalam mendorong orang minang yang ada di Kota Tangsel lebih sejahtera. Lebih daripada itu, menyangkut pendidikan juga menjadi konsen tersendiri bagi IKM kedepan.

“Kami sangat konsen dalam organisasi IKM kendati memang ini organisasi sosial. Tapi bagaimana IKM Kota Tangsel mampu berelaborasi dengan Pemkot Tangsel. Selain itu berupaya bagaimana mengingkatkan ekonomi masyarakat minang yang rata-rata berjualan lebih progresif dan terus berkembang dengan baik. dengan cara bagaimana, yaitu dengan menjadikan organisasi lebih mandiri dan sejahtera,” tegasnya.

Hadirnya IKM tentunya membawa dampak yang cukup baik. Misalnya di tengah pandemi ini, beberapa waktu lalu menyalurkan bantuan kepada masyarakat minang. Di mana ada yang mengalami kesulitan ekonomi. Tentu kerjasama dilakukan dengan kota dan kabupaten di daerah lainnya.

“Di tengah pandemi Covid-19 Alhamdulillah, kami dapat mengumpulkan donasi beras sebanyak 200 ton. Bantuan itu berasal dari masyarakat minang di Tangsel. Kami salurkan kepada yang membutuhkan berupa beras, masker dan lain-lain,” tambahnya.

Kepengurusan yang dikukuhkan merupakan pengurus yang teripilih hasil Musda yang dilakukan oleh pada Desember 2019 lalu. IKM Kota Tangsel sebelumnya ada tiga kepengurusan terdiri dari IKM Sarantau, IKM Sakato dan IKM Tangsel. Kemudian digelar Musda IKM Tangsel di Hotel Marylin BSD (15/12/2019) menghasilkan terpilihnya Ketua IKM yang baru yaitu Anafrizal AZ, dan disepakati untuk mendukung Ketua IKM terpilih dan tidak ada IKM tandingan lagi diluar kepengurusan IKM terpilih pada Musda tersebut.

Sekjen IKM Tangsel, Hika Transisia AP  menambahkan, rangkaian acara yang pada pamungkianya pengukuhan adalah bagian dari proses yang sebelumnya. Setelah melakukan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda), akhirnya dapat dikukuhkan.

“Pengukuhan ini rangkaian proses panjang berawal dari bersatunya 3 IKM yang pernah ada di Tangsel. Kemudian ditandai dengan penandatanganan berita acara IKM Tangsel bersatu dan dilanjutkan dengan Musda yang demokratis sesuai dengan kesepakatan bersama menghasilkan ketua terpilih. Ini semua semata-mata menghormati hasil Musda yang telah kita jalankan dan sepakati bersama,” tegasnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri Kasat Binmas, AKP Mukmin, mantan Menteri Sosial RI Bachtiar Chamsah sebagai tokoh asal Sumatera Barat, Ketua Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Hasdanil, Tokoh Minang Tangsel Tan Malano, perwakilan Ormas undangan dan perwakilan mahasiswa minang dari beberapa Universitas di Tangsel.(din)

Komentar Anda

comments