Bahas Kerawanan Pilkada dengan Bawaslu

Diterbitkan  Selasa, 28 / 07 / 2020 21:01 - Berita Ini Sudah :  1108 Dilihat

Dandim 0506/Tangerang Temui Langsung Ketua Bawaslu

KUNJUNGAN. Bawaslu Tangsel menerima kunjungan Dandim 0506 Tangerang, kemarin.

SERPONG-Dalam rangka persiapan Pilkada 2020, Dandim 0506/Tangerang Kolonel Inf Bambang Hery Tugiyono melakukan kunjungan ke Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Tangerang Selatan. Selasa (28/7). Dalam kunjungan tersebut, Bambang juga ditemani oleh jajarannya.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang Selatan, Muhamad Acep menjelaskan, pertemuan ini diinisiasi oleh Dandim 0506 sendiri. Di dalamnya dibahas beberapa kerawanan yang kerap terjadi dalam proses tahapan pemilihan. Pun diberitahu kapasitas TNI dalam proses pengamanan Pilkada 2020.

”Kerawanan menjadi salah satu yang kami bahas,” kata Acep usai melakukan penyambutan Dandim 0506 tersebut. Lalu menambahkan bahwa netralitas TNI juga menjadi tupoksi pengawasan Bawaslu dalam menciptakan Pilkada 2020 yang adil.

Ditambahkan, ada beberapa kerawanan yang harus diawasi oleh Bawaslu juga TNI. Yaitu netralitas penyelenggara, kemudian kerawanan logistik dan terakhir adalah pemilih. Dimana KPU harus melakukan pendataan dalam proses coklit hingga ke daerah perbatasan.

”Dalam pertemuan ini juga kami Bawaslu Kota Tangerang Selatan, meminta komitmen terhadap TNI untuk bisa berkolaborasi untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada 2020,” ujar Acep.

Sementara itu Dandim 0506 Kolonel Inf Bambang Hery Tugiyono menjelaskan bahwa dalam kunjungan kali ini, dirinya melakukan komunikasi dengan Bawaslu terkait dengan proses Pilkada 2020. Hal tersebut dilakukan untuk pemetaan tupoksi TNI dalam proses Pilkada yang jatuh pada Bulan Desember nanti.

”Jadi, kunjungan kali ini, karena saya baru, jadi saya ingin bersilaturahmi terhadap daerah yang berada dalam lingkungan Kodim 0506,” kata dia.

Dia menjelaskan bahwa tidak ada banyak hal yang dijelaskan selain dengan pengebalan diri. Namun ada hal penting yang tidak luput dibicarakan. Salah satunya adalah, pemetaan tupoksi pekerjaan TNI. ”Jadi ada pemetaan, mana yang boleh kami lakukan dan mana yang tidak boleh,” kata dia.

Selain Bawaslu Kota Tangerang Selatan, Bambang juga mengujungi KPU beberapa waktu lalu. Juga untuk melakukan silaturahmi dan mengenalkan diri sebagai Dandim 0506.(irm)

Komentar Anda

comments